Sukses

Lifestyle

5 Persiapan Unik yang Sering Dilakukan Orang Sebelum Lebaran

Fimela.com, Jakarta Ketika bicara tentang Hari Raya Idul Fitri atau lebaran, setiap umat muslim kemungkinan memiliki caranya masing-masing mempersiapkan hal-hal apa sebelum datangnya hari H lebaran. Umumnya, ada sekian hal menarik yang dipersiapkan orang-orang ketika lebaran, dan bisa jadi inilah yang perlu kamu persiapkan juga.

1. Baju lebaran

Meski memang baju baru tidak selalu harus dibeli menjelang Lebaran, namun masih saja ada tradisi beli baju baru untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Banyak orang masing menganggap bahwa memakai baju baru adalah cara terbaik menyambut datangnya hari yang fitri meskipun sebenarnya esensi tampil paling sempurna dengan baju terbaik bukan berarti memakai baju baru.

2. Mukenah baru

Tidak kalah dari persiapan baju baru lebaran, banyak orang kini juga sering menyiapkan mukenah baru untuk menjalani salat Idul Fitri. Apalagi mukenah kini lebih variatif dan punya banyak pilihan gaya dan warna. Boleh saja memakai mukenah baru yang bersih selama salatnya tetap khusyuk dan niatnya adalah untuk berserah diri kepada Allah SWT, bukan untuk pamer.

3. Kue kering

Untuk jamuan tamu yang datang ke rumah, tentu tuan rumah harus menyediakan camilan khas Lebaran, apalagi jika bukan kue kering. Meski terhalang pandemi dan membatasi menerima tamu, tetap saja tak lengkap rasanya merayakan hari raya bersama keluarga tanpa kue kering di meja.

4. Bersih-bersih rumah

Ini juga kegiatan yang sering dilakukan banyak umat muslim dalam rangka menyambut Lebaran. Rumah yang bersih, dicat ulang atau didekorasi sedemikian rupa sehingga lebih meriah seringkali jadi kebiasaan yang sulit dihilangkan, karena bagaimana pun menyambut tamu saat lebaran akan lebih nyaman dengan rumah yang bersih dan rapi.

5. Makanan khas lebaran

Merupakan sebuah sunnah makan dan minum sebelum salat Ied untuk menandakan sudah selesainya puasa Ramadan. Jadi tak akan lengkap rasanya jika setiap rumah tidak menyajikan menu makan Lebaran yang digemari keluarga seperti opor ayam, rendang, ketupat sayur dan lain sebagainya yang khas dari setiap keluarga.

Kira-kira manakah persiapan unik Lebaran yang masih tetap kamu jaga dengan keluarga hingga sekarang, Sahabat Fimela?

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading