Sukses

Lifestyle

Hati-Hati, 5 Hal Ini Tanda Dirimu Jalani Codependent Relationship

Fimela.com, Jakarta Tidak banyak orang tahu dan paham tentang codependent relationship. Secara umum codependent relationship dapat diartikan sebagai hubungan yang salah satu pihaknya lebih banyak berkorban dan lebih sering mengabaikan kebutuhannya sendiri demi menyenangkan pasangannya.

Hubungan cinta seperti ini sekilas tidak tampak membahayakan karena banyak orang menganggap pengorbanan juga salah satu bentuk dari rasa cinta. Namun jika kadarnya sudah tak wajar, bisa jadi toxic relationship yang menghancurkan diri sendiri.

1. Kamu mengencani atau menikahi sosok yang punya kecanduan

Orang yang terjebak codependent relationship biasanya menjalin hubungan cinta dengan orang yang sudah memiliki 'masalah', terutama kecanduan terhadap hal tertentu, entah itu kecanduan alkohol, narkoba, atau kecanduan berutang, selingkuh dan kecanduan lainnya yang membahayakan.

2. Dirimu melakukan segala hal demi pasangan, atas nama cinta

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa kamu terlalu baik dan terlalu banyak membantunya sehingga ia mengabaikan pengorbananmu. Kamu tahu ia harus diberi pelajaran agar kapok dan berubah, tapi kamu memilih melakukan segala hal demi memperbaiki perbuatannya.

3. Dirimu membiarkannya melakukan apa pun yang ia suka

Tanpa sadar, kamu selalu memaafkan dan membiarkan dia melakukan apa pun yang ia suka. Dengan pemikiran, kamu bisa diandalkan dan kamu mampu menyelesaikan masalah apa pun yang mungkin ia timbulkan karena ia seenaknya melakukan apa yang dia mau.

4. Kamu merasa bertanggung jawab atas perbuatan dan kesalahannya terhadap orang lain

Kapan pun dia membuat masalah, kamu selalu menjadi tameng. Dirimu selalu maju untuk menangggung segalanya, minta maaf dan memperbaiki kesalahannya, yang sebenarnya lebih tepat jika dialah yang seharusnya melakukan hal itu.

5. Dirimu memastikan kebutuhan pasangan selalu terpenuhi

Pasanganmu selalu menjadi prioritas, dan kamu selalu berusaha memenuhi apa yang menjadi keinginannya bahkan jika itu harus mengabaikan kebutuhanmu sendiri, yang bisa jadi lebih penting dari kebutuhannya dan menyangkut kepentingan orang lain.

Memang sulit menyadari dirimu berada dalam hubungan yang "sesat" ini karena seringkali orang tak menyadari dirinya sedang menjalani hubungan yang tak sehat. Namun jika sudah mengetahui tanda-tanda di atas, kini kamu sudah bisa menilai seperti apa hubunganmu ya, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Tak Terduga Pasangan Bahagia Pertahankan Hubungan Cinta
Artikel Selanjutnya
3 Tips Membuat Foto Selfie yang Sehat dengan Pasangan