Sukses

Lifestyle

5 Alasan Meluangkan Waktu Sendirian Bisa Membuat Perempuan Bahagia

Fimela.com, Jakarta Di tengah rutinitas yang padat dan kesibukan yang tak ada habisnya, kita senantiasa membutuhkan waktu untuk sendirian. Entah dengan sekadar menikmati secangkir kopi hangat di kafe atau hanya rebahan di rumah sambil membaca buku. Meluangkan waktu sendirian bisa membuat kita merasa nyaman, bahkan lebih bahagia.

Perasaan tenang bisa mengalir dengan sendirinya saat bisa menghadirkan waktu sepenuhnya untuk diri sendiri. Kesendirian bukan sesuatu yang harus dimusuhi. Bahkan meluangkan waktu sendirian bisa mendatangkan kenyamanan yang istimewa.

1. Meluangkan Waktu Sendirian Membantu Kita Mensyukuri Semua yang Sudah Ada

Melansir laman bolde.com, sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Emotion menemukan bahwa obsesi kita dalam menemukan kebahagiaan itulah yang membuat kita menderita. Kenapa? Sebab kita akan terus memikirkan kegagalan dan kelemahan kita. Membuat kita merasa makin terbebani dan menyebabkan kecemasan dan stres. Jadi, alih-alih terobsesi dengan pencarian, ada baiknya untuk menikmati semuanya dengan apa adanya lebih dahulu. Dari sini, biasanya perasaan bahagia akan datang menghampiri dengan sendirinya. 

2. Meluangkan Waktu Sendirian Melatih Kemandirian

Saat menghadapi sebuah masalah atau hal yang tak pasti, kadang kita merasa takut atau cemas berlebihan. Kita merasa rendah diri, seakan kita tak berdaya hadapi masalah tersebut. Namun, saat kita sudah terlatih melakukan banyak hal sendiri, maka kita tak mudah merasa takut saat mengalami hal yang terjadi di luar dugaan. Ada kemandirian yang terbentuk dengan sendirinya yang membuat kita selalu berani melangkah dan bangkit ketika dihadapkan pada persoalan hidup.

3. Meluangkan Waktu Sendirian Meringankan Perasaan

Meluangkan waktu sejenak untuk melepas diri dari hiruk pikuk kesibukan dan orang-orang di sekitar kita bisa sangat membantu kita meredakan stres yang kita rasakan. Kita tak perlu mengharuskan semua orang memahami apa yang kita rasakan. Tak harus bergantung pada orang lain untuk membuat kita bahagia. Sebab, kita bisa mencari sumber kebahagiaan dari dalam diri kita sendiri. Meluangkan waktu sendiri dan melakukan hal-hal yang kita sukai menjadi cara istimewa kita untuk menumbuhkan rasa bahagia yang baru.

4. Meluangkan Waktu Sendirian Bisa Mengisi Ulang Energi Tubuh

Ketika kita meluangkan waktu menikmati kesendirian biasanya itu kita lakukan untuk mengoptimalkan energi kita melakukan sesuatu yang memang kita butuhkan. Kita melakukan hal-hal yang memang kita butuhkan tanpa harus membuang energi untuk hal lain yang sedang tidak benar-benar kita inginkan. Terlebih untuk kaum introver, meluangkan waktu untuk sendiri menjadi salah satu cara terbaik untuk mengisi ulang energi tubuh sehingga bisa lebih nyaman dalam menjalani keseharian.

5. Meluangkan Waktu Sendirian Membuat Kita Lebih Menyayangi Diri Sendiri

Ketika kita berada dalam situasi sendirian, kita akan meluangkan lebih banyak untuk mengevaluasi dan refleksi diri. Lebih memahami diri sendiri dan kebutuhan yang berasal dari hati. Kita pun bisa lebih bersahabat dengan diri sendiri. Makin mencintai diri sendiri dan ini akan memudahkan kita jalani hidup jadi lebih baik lagi.

“Everybody in the world is seeking happiness—and there is one sure way to find it. That is by controlling your thoughts. Happiness doesn't depend on outward conditions. It depends on inner conditions.”― Dale Carnegie, How to Win Friends and Influence People

Tak ada salahnya untuk menjadwalkan waktu rutin untuk menikmati kesendirian. Ini bisa jadi langkah awal untuk menjalani hidup yang lebih baik lagi ke depannya. 

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
13 Rekomendasi Buku untuk Menambah Wawasan dan Meningkatkan Motivasi
Artikel Selanjutnya
5 Cara Hadirkan Rasa Nyaman dan Kembali Mencintai Diri Sendiri