Sukses

Lifestyle

Viral Kreasi Indomie Tempe, Alternatif Sehat Makan Mie Instan

Fimela.com, Jakarta Tempe telah dikenal lama sebagai makanan tradisional Indonesia. Olahan kacang kedelai yang difermentasi dengan ragi ini menjadi salah satu sumber protein nabati. Namun apa jadinya jika tempe dibuat dari mie instan?

Seorang ilmuwan pangan bernama Dr. Driando Ahnan-Winarno membuat kreasi Indomie tempe yang mendadak viral di media sosial. Indomie tempe ini menjadi hasil eksperimen pangan yang ia lakukan di Massachusetts pada 2016.

Terungkap dari akun instagram @tempemovement, Indomie Tempe ini dibuat dalam sebuah workship bersama Ayo Telusuri dan Indomie pada 30 April 2021 lalu. Di workshop tersebut, Driando menjelaskan bahwa tempe tidak selalu dibuat dari kacang kedelai, melainkan bisa dibuat dari mie instan.

 

Alternatif sehat makan mie instan

Proses pembuatannya sendiri tidak jauh berbeda dengan tempe yang dibuat dari kacang kedelai. Mie instan direbus terlebih dahulu lalu dikeringkan dan didiamkan hingga dingin.

Taburi ragi lalu masukkan ke dalam kantung dengan sedikit celah udara. Fermentasi selama 30 jam akan menghasilkan Indomie Tempe yang kini sedang viral.

Hadirnya Indomie tempe ini dinilai menjadi alternatif sehat makan mie instan. Pasalnya nutrisi mie instan menjadi bertambah berkat proses fermentasi yang menaikkan kadar protein. Tak hanya itu, proses fermentasi juga memunculkan vitamin B dan membuat nutrisi lebih mudah dicerna secara umum.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading