Sukses

Lifestyle

Cara Menyegarkan Mata Lelah akibat Terlalu Lama di Depan Komputer

Fimela.com, Jakarta Mata rentan sekali lelah jika seharian seseorang harus menatap layar komputer atau setelah seharian bekerja, penyebab banyak sekali mulai dari mata kering, kurang terhidrasi, alergi dan sebagainya. Agar bisa bekerja dengan optimal sepanjang hari, berikut adalah beberapa cara mengatasi mata lelah.

Beristirahatlah sejenak dari layar

Antara TV, komputer, tablet, dan smartphone, eksposur layar selalu tinggi dan itu berdampak buruk pada mata. Untuk menghindari mata lelah, istirahatlah sebentar dan lebih lama dari komputer dan perangkat digital. Direkomendasikan 20-20-20: Setiap 20 menit, menjauhlah dari layar dan fokuskan pada objek yang berjarak 20 kaki selama 20 detik. Ini memberi otot-otot kecil di mata kesempatan untuk rileks sejenak. Untuk istirahat yang lebih lama, disarankan untuk bangun dan meregangkan kaki, leher, dan punggung.

Hindari pemicu alergi

Alergen memicu pelepasan histamin dalam tubuh, yang menyebabkan pembuluh darah membesar dan mata serta hidung terasa gatal dan iritasi. Alergi juga menyebabkan pembengkakan, yang membuat mata terlihat sembab dan lelah. Jika alergi adalah penyebab mata lelah, minumlah antihistamin, baik yang dijual bebas atau dengan resep, untuk mengurangi bengkak, merah dan rasa gatal.

Jaga agar mata tetap terhidrasi

Mata  yang lelah mungkin saja kering, dan ada beberapa hal mudah yang dapat dilakukan untuk menjaga agar mata  tetap terhidrasi. Mata kering dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk usia, obat-obatan tertentu, dan terlalu banyak menatap layar. Jika mata lelah disebabkan oleh terlalu banyak waktu menatap perangkat digital, solusi sederhananya adalah sering berkedip atau menggunakan obat tetes mata dan lebih banyak minum air putih.

Oleskan kompres hangat dan dingin

Mata yang lelah sering kali dapat diredakan dengan kompres hangat dan dingin. Obat ini tidak hanya akan meningkatkan penampilan mata, tetapi juga terasa luar biasa yang memberi kesempatan untuk memanjakan diri. Tempatkan kompres hangat di atas mata untuk mengendurkan otot mata. Kemudian letakkan kompres dingin untuk meningkatkan aliran darah ke mata . Ini mengurangi pembengkakan dan membuat mata lebih sehat.

Jika sudah melakukan beberapa tips di Atas, tetapi mata lelah tidak dapat diatasi atau timbul masalah lainnya, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan medis. Semoga bermanfaat.

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading