Sukses

Lifestyle

Menurut Sebuah Penelitian, Perempuan Mengalami Tingkat Stres Tertinggi pada Masa Ini

Fimela.com, Jakarta Setiap fase kehidupan yang kita jalani senantiasa disertai dengan stres dan tekanan baru. Berbagai permasalahan kehidupan bisa datang silih berganti. Bahkan dalam setiap peran baru yang kita miliki sebagai perempuan, kita akan dihadapkan pada banyak tantangan yang kadang tidak semakin mudah. 

Salah satu peran yang tidak selalu mudah untuk dijalankan seorang perempuan adalah menjadi ibu. Menjadi ibu memang menghadirkan anugerah sendiri dalam hidup. Menghabiskan waktu mendidik dan mengasuh anak dengan baik menjadi hal mulia yang membuat hidup kita lebih bermakna. Akan tetapi, tahukah bahwa tingkat stres perempuan pada masa menjadi ibu umumnya paling tinggi di antara periode hidup lainnya?

Penelitian dari Rhoda Unger

Ada sebuah penelitian terkait betapa melelahkannya menjadi seorang ibu. Mengutip buku Ada Serigala Betina dalam Diri Setiap Perempuan, penelitian Rhoda Unger, psikolog feminis Montclair State University menunjukkan tingkat stres perempuan pada masa ini umumnya paling tinggi di antara periode hidup lainnya. Penelitiannya juga mengungkapkan kesejahteraan perempuan menurun pada masa-masa ini. Kesejahteraan mereka kembali meningkat setelah anak besar dan tidak membutuhkan sosok ibu secara intensif.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa menariknya lagi penelitian dengan menggunakan kuesioner tidak dapat mengungkapkan hal ini. Ini baru terungkap dalam penelitian kualitatif dengan metode wawancara mendalam.

Ya, menjadi ibu memang bisa membuat kita merasakan tingkat stres yang sangat tinggi. Sebab ada pengorbanan sepanjang hidup yang dikerahkan. Bahkan menjadi ibu merupakan "pekerjaan" tersulit bagi perempuan. 

Bukan berarti pilihan terbaiknya adalah menghindari atau melepaskan diri dari peran menjadi ibu. Tentu saja di satu sisi, menjadi ibu akan menghadirkan makna baru yang sangat luar biasa dalam hidup. Hanya saja di satu sisi lain, jika kita merasa kewalahan atau merasa sangat tertekan ketika menjalani peran sebagai ibu, tak perlu ragu untuk mencari bantuan ya. 

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tipe Perempuan Menawan yang Punya Mental Kuat, Kamu Termasuk?
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengatur Waktu bagi Perempuan Sibuk agar Tak Gampang Stres

Live Streaming

Powered by