Sukses

Lifestyle

Keindahan Alam Indonesia Sungguh Tidak Ada Habisnya

Fimela.com, Jakarta Setiap kali kita melakukan perjalanan, selalu ada cerita yang berkesan. Bepergian atau mengunjungi sebuah tempat memberi kenangan tersendiri di dalam hati. Tiap orang pastinya punya pengalaman atau kisah tak terlupakan tentang sebuah perjalanan, seperti tulisan Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba My Trip Story: Setiap Perjalanan Selalu Memiliki Cerita berikut ini.

***

Oleh: Trasnawangsasi

Aku lupa sejak kapan aku suka traveling, mungkin sejak SMP saat ada ekstrakurikuler Pramuka yang mengharuskan kita mandiri dan bersatu dengan alam. Aku suka sekali dengan alam, mulai dari bau, rasa, dan warnanya. Adalah sebuah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang tidak bisa manusia ciptakan. Sejak mengenal alam dari SMP pada kegiatan Pramuka jiwaku selalu haus akan pemandangan alam.

Banyak tempat yang sudah aku jelajahi meskipun baru daerah Jawa dan Sumatra serta dua negara di luar negeri yaitu Arab dan Malaysia. Indonesia memiliki pemandangan alam yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh negara lain. Pegunungan-pegunungan yang terhampar dari Jawa sampai Sumatra memberikan pemandangan yang indah dan memiliki cerita sendiri.

Gunung Merapi dengan kemisteriusan dan pertanian yang subur di sekitarnya. Gunung Lawu yang penuh dengan cerita dari zaman kerajaan Majapahit dengan burung jalaknya yang misterius, yang akan menggiringmu ketika tersesat, juga terdapat warung tertinggi se- Indonesia yang ada di Puncak Gunung Lawu. Gunung Bromo yang indah dengan hamparan pasirnya dan masih banyak gunung-gunung yang lain.

Pantai sepanjang Jawa yang indah-indah dengan hamparan pasir putih maupun pasir hitam memiliki ciri khas masing-masing. Pantai dengan karakter ombak ganas sampai ombak tenang menyajikan pemandangan yang luar biasa mulai dari karang-karang yang indah, habitat laut yang luar biasa lengkap dan indah dapat dinikmati dengan snorkling maupun sekadar berenang di pinggir pantai. Kekayaan laut di dalamnya yang tidak dimiliki oleh negara lain, hanya dengan pergi ke pantai dan menikmati pemandangan yang ada membuat hatiku bahagia dan terlepas dari semua beban hidup. Betapa Tuhan Maha Besar dengan ciptaan-Nya.

Menjelajah Alam

Sementara peninggalan sejarah berupa candi-candi yang indah seperti Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, Mendhut maupun candi-candi yang lain memiliki cerita sejarah tersendiri dan bangunan khas masing-masing, seperti penciptaan Candi Prambanan yang dibangun oleh raksasa dengan bantuan jin yang pada akhirnya meninggalkan patung Roro Jonggrang, tokoh utama cerita asal mula Candi Prambanan ini yang konon akan dijodohkan dengan Bondowoso tapi tidak setuju dan memberikan syarat dengan membangun candi dalam semalam sebelum ayam berkokok dan ayam dibuat berkokok oleh Roro Jonggrang sebelum waktunya. Akhirnya Bondowoso marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung. Cerita-cerita legenda mengenai bangunan sejarah ini pun melengkapi keindahan sejarah dan kekayaan bangsa. Patung Malin Kundang yang terukir di tepi Pantai Manise dengan pemandangan Bukit hijau tempat Siti Nurbaya dimakamkan dengan legenda ceritanya yang menarik.

Alam yang indah ini dilengkapi dengan flora dan fauna yang lengkap dan beragam serta memiliki ciri khas daerah seperti Komodo di Pulau Komodo, harimau Sumatra, elang Jawa dan masih banyak lainnya. Keindahan Raflesia Arnoldi di hutan tropis Bengkulu pun merupakan keindahan yang luar biasa. Aku bersyukur akhir tahun 2019 dapat melihat dan menyentuh bunga ini meskipun harus masuk ke dalam hutan yang lembab dan licin.

Traveling membuat hidupmu lebih berwarna, kamu dapat memahami betapa dunia ini luas dan Tuhan Maha Besar, sedangkan masalah kita tidak ada tandingannya dengan kebesaran Tuhan. Traveling membuat hidupmu lebih bersyukur, memaknai hidup serta menghargai makhluk Tuhan. Alam dan isinya harus dijaga kelestariannya untuk keseimbangan hidup di bumi termasuk dari pencemaran yang manusia buat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading