Sukses

Lifestyle

3 Cara Sembuhkan Nyeri Ringan di Jari-Jari dan Tangan Selama WFH

Fimela.com, Jakarta Pernah merasa nyeri pada jari-jari dan tangan di sore dan malam hari namun membaik saat bagun tidur selama WFH? Jangan diabaikan, karena jika keluhan tak ditangani dapat meluas ke daerah lengan, bahu, bahkan leher.

Tentunya jika sudah menjadi sangat parah akan mempersulit dan memperpanjang masa penyembuhan. Padahal kunci untuk mencegah nyeri pada jari-jari dan tangan adalah rutin melakukan peregangan secara berkala dan teratur.

 

“Lakukan peregangan tersebut setiap satu jam atau lebih cepat jika dirasakan sudah menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun bilamana rasa nyeri itu sudah terjadi tentunya penanganannya akan membutuhkan perhatian lebih,” kata dr Michael Triangto, SpKO – spesialis kedokteran olahraga dari RS Mitra Kemayoran Jakarta dan Direktur Slim and Health Center Jakarta.

Saat proses penyembuhan, harus memperhatikan penyebabnya yaitu penggunaan gawai dan telepon genggam yang perlu dikurangi atau bahkan dihentikan sama sekali. Sementara itu penggunaan obat-obat penghilang nyeri bukan menjadi solusi karena saat berhenti tentunya rasa nyeri tadi akan kembali bahkan bisa lebih berat dan jika dikonsumsi jangka panjang berisiko terhadap gangguan kesehatan lainnya.

3 Saran Menyembuhkan Nyeri Jari dan Tangan

Berikut adalah saran dr Michael Triangto, SpKO untuk menyembuhkan nyeri ringan di jari:

• Berikan kompres dingin dengan cara merendam di air es, namun bila terasa terlalu dingin tangan boleh diangkat dan setelah beberapa lama kembali direndam lagi secara berulang-ulang sehingga total waktunya menjadi 30 menit. Tujuan pemberian kompres es adalah untuk mengurangi peradangan yang terjadi sehingga tidak perlu sampai mati rasa akibat dinginnya es tersebut.

• Bila rasa nyeri sudah agak berkurang, barulah dapat dilakukan peregangan pada daerah jari-jari dan tangan tersebut yang tujuannya memberikan rasa lebih nyaman pada bagian yang sebelumnya mengalami nyeri.

• Untuk peregangan jari-jari dan tangan dapat dilakukan dengan:

1. Posisi tubuh duduk di kursi.

2. Julurkan lengan kanan lurus ke depan dengan posisi telapak tangan tegak lurus ke atas terhadap lengan sehingga punggung tangan akan menghadap ke wajah.

3. Letakkan ujung jari telapak tangan kiri kita pada jari-jari telapak tangan kanan dan tarik ke arah bahu, tahan selama lima detik kemudian lepaskan.

4. Julurkan lengan kanan lurus ke depan dengan posisi telapak tangan tegak lurus ke bawah terhadap lengan sehingga telapak tangan akan menghadap ke wajah.

5. Letakkan ujung jari telapak tangan kiri pada punggung tangan kanan dan tarik ke arah bahu, tahan selama lima detik kemudian lepaskan.

6. Lakukan hal yang sama pada telapak tangan kiri dan tahan pula selama lima hitungan

7. Lakukan secara bergantian pada telapak tangan kanan dan kiri masing-masing sebanyak lima kali atau yang di kenal pula sebagai lima kali repetisi.

8. Bilamana saat melakukan peregangan dirasakan ada bagian yang sakit maka peregangan tersebut harus dihentikan agar tidak memperburuk keadaan yang ada pada saat itu.

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading