Sukses

Lifestyle

Ini Waktu Terbaik dalam Sehari untuk Mengirimkan Lamaran Kerja

Fimela.com, Jakarta Mencari kerja bisa menjadi satu hal yang sangat membuat frustasi. Kamu sudah menulis resume yang bagus, merasa sempurna dengan peran yang dicari, dan masih tidak mendengar kabar apapun dari perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tersebut.

Sebenarnya, ada satu hal yang berada dalam kendalimu sebagai pencari kerja, yaitu waktu kapan mengirimkan lamaran kerja. Tindakan ini bisa membuat perbedaan yang besar.

Waktu terbaik untuk mengirimkan lamaran kerja adalah pagi hari atau larut malam, seperti dilansir dari huffpost.com. Analisis TalentWorks 2017 melacak 1.610 lamaran kerja dari berbagai industri dan dengan berbagai tingkat pengalaman.

Mereka menemukan bahwa mengirimkan lamaran kerja sebelum pukul 10 pagi di zona waktu pencari kerja, secara signifikan dapat meningkatkan kemungkinan seseorang akan mendengar kabar dan mendapatkan wawancara. Mengirimkan lamaran kerja antara pukul 6 dan 10 pagi meningkatkan kemungkinan mendapatkan wawancara, sebesar 13%.

 

Tips melamar kerja

Bagaimana dengan waktu dengan peluang terendah? Survei menemukan bahwa setengah 8 malam, tepat ketika banyak hari kerja berakhir adalah saat kandidat memiliki peluang kurang dari 3% untuk mendapatkan tanggapan dari pemberi kerja.

Larut malam juga bisa berhasil, karena membantu kirimanmu menjadi yang pertama dilihat di pagi hari. Namun, ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan.

Mengirimkan lamaran kerja di pagi hari mungkin tidak akan membantu jika kamu melamar sebulan setelah pencarian dilakukan. Jika seorang perekrut mendapatkan kumpulan kandidat yang cukup baik, mereka mungkin tidak akan kembali dan melihat semua orang yang datang setelahnya.

Melamar segera setelah pekerjaan tersebut diunggah adalah cara terbaik. Bagaimana menurutmu, Sahabat FIMELA?

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading