Sukses

Lifestyle

Ciptakan Produk Berkelanjutan, Desainer Tekstil Buat Limbah Kulit Telur jadi Ubin

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membumikan gaya hidup yang ramah lingkungan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Elaine Yan Ling Ng.

Perempuan yang berprofesi sebagai desainer tekstil berdarah Inggris-China itu memanfaatkan limbah kulit telur menjadi produk yang lebih berkelanjutan, yakni sebagai ubin dinding.

Ubin dinding yang dinamai Carrelé ini menjadi produk ramah lingkungan yang dibuat tangan pertama di dunia. Aksi ini dilakukan Elaine sebagai wujud mengurangi limbah kulit telur yang ada di Inggris.

Setiap tahunnya, Inggris menghasilkan 250 ribu ton libah kulit telur. Hal tersebut akhirnya yang mendorong Elaine, mencari cara untuk menciptakan sesuatu produk yang berkelanjutan dari limbah kulit telur.

Bereksperimen dengan gigi

Sebelum menciptakan ubin dinding yang bernilai tinggi, Elaine telah melakukan eksperimen langsung pada gigi. Eksperimen tersebut menunjukkan bahwa kulit telur dapat dimanfaatkan untuk menambal gigi dan membantu proses regenerasi pada tulang yang telah rusak.

Berawal dari situ, akhirnya Elaine tertarik mencoba sesuatu yang baru. Ketertarikan Elaine semakin besar ketika ia memutuskan berkolaborasi dengan Nature Squared, merek desain yang mengusung produk berkelanjutan untuk menciptakan ubin dinding dari kulit telur.

"Biasanya, limbah kulit telur digunakan dalam seni tatahan. Namun hingga saat ini, masih ada 250.000 ton limbah kulit telur yang berakhir di TPA, jadi saya kira itulah yang membuat kami tergerak," ujarnya, dikutip dari deezen. Dengan segala keahliannya, Elaine akhirnya berhasil mengubah sejumlah limbah kulit telur ayam menjadi ubin dengan ukuran yang sangat luas.

Menghasilkan kursi dan aksesori dari cangkang telur

Selain ubin, Elaine Yan Ling Ng juga memproduksi rangkaian kursi dan aksesoris minimalis seperti tealight holder dan nampan yang terbuat dari kulit telur.

"Kalsium karbonat adalah salah satu sumber daya paling umum yang disediakan alam, dan membentuk lima persen dari Planet Bumi," sang perancang menyimpulkan.

"Jika kita dapat mengubah ini menjadi sumber daya yang berguna, itu akan menjadi cadangan yang sangat penting," imbuhnya.

Seluruh produk dari CArrelé telah dirancang agar dapat tahan lama dan juga tahan terhadap sinar UV alami. Bahan putih kapur yang ada di ubin tersebut juga aman untuk digunakan dan mudah dibersihkan. Struktur dan bentuknya pun terjaga karena telah terikat dengan bahan pengikat dan juga resin.

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Mudah Memulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan dari Selebriti Tanah Air
Artikel Selanjutnya
4 Alasan Penggunaan Kantong Kertas Lebih Baik daripada Kantong Plastik