Sukses

Lifestyle

Studi Sebut 37% Kematian Penduduk di Dunia Disebabkan oleh Pemanasan Global

Fimela.com, Jakarta Studi terbaru tentang perubahan iklim mengungkap bahwa pemanasan global menyumbang lebih dari sepertiga angka kematian penduduk di dunia setiap tahunnya. Namun, para peneliti meyakini angka kematian sesungguhnya jauh lebih tinggi. Hal ini diperkuat karena banyaknya orang yang meninggal akibat cuaca ekstrem seperti banjir, badai, dan kekeringan.

Melansir dari Tampa Bay Times, berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh Nature Climate Change, lusinan peneliti yang mengamati kematian akibat panas di 732 kota di seluruh dunia dari 1991 hingga 2018, menemukan bahwa 37 persen kematian penduduk dunia disebabkan oleh suhu yang lebih tinggi dari pemanasan global akibat ulah manusia.

Lebih lanjut, studi itu mengungkapkan manusia bertanggung jawab atas sekitar 0,6 persen dari total kematian akibat pemanasan global. Artinya, pemanasan global ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk membantu menhentikannya.

“Kasus kematian terkait perubahan suhu ini sebenarnya bisa dicegah. Karena ini adalah sesuatu yang kita sebabkan secara langsung,” kata Ana Vicedo-Cabrera, seorang ahli epidemiologi di Institut Pengobatan Sosial dan Pencegahan di Universitas Bern di Swiss.

Cara sederhana menghentikan pemanasan global

1. Reduce, reuse, dan recycle

Kurangi membeli produk baru agar menghasilkan jumlah limbah yang lebih sedikit. Bahkan jika kamu perlu membeli, pertimbangkan untuk membeli produk ramah lingkungan.

Gunakan kembali botol, wadah plastik, dan barang-barang lain yang dibeli di toko bahan makanan. Ini akan mengurangi keinginan membeli barang lain yang akan memenuhi fungsi yang sama. 

Kamu juga bisa mendaur ulang barang-barang yang tidak terpakai menjadi hal yang bermanfaat. Seperti kain bekas menjadi tas belanja dan lain sebagainya. Pertimbangkan pula untuk membeli pakaian preloved untuk bantu kurangi limbah tekstil sebagai salah satu penyumbang emisi karbon terbesar di dunia.

2. Gunakan peralatan hemat energi

Melansir dari NRDC, lusinan peralatan dan produk telah menahan 2,3 miliar ton karbon dioksida dari udara. Jumlah itu hampir sama dengan polusi karbon tahunan yang ditimbulkan oleh hampir 440 juta mobil.

Oleh sebab itu, aat berbelanja lemari es, mesin cuci, dan peralatan lainnya, carilah label Energy Star. Ini membantu kurangi polusi karbon yang ditimbulkan.

3. Menghemat air

Menghemat air juga menjadi salah satu cara untuk menghentikan pemanasan global. Karena dibutuhkan banyak energi untuk memompa, memanaskan, dan mengolah air di rumahmu. Pertimbangkan pula untuk beralih ke peralatan berlabel WaterSense.

EPA memperkirakan bahwa jika hanya satu dari setiap 100 rumah Amerika yang dilengkapi dengan perlengkapan hemat air, sekitar 100 juta kilowatt-jam listrik per tahun akan lebih hemat.

4. Bawa tas belanja sendiri

Kantong plastik merusak lingkungan. Mereka membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai, mencemari tanah dan saluran air, dan menyebabkan kematian hewan laut yang meluas.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ini saatnya kamu beralih ke tas yang dapat digunakan kembali.

5. Matikan alat elektronik yang tidak digunakan

Seperti yang kita ketahui, mematikan alat elektronik dan lampu ruangan yang tak digunakan sudah merupakan langkah penyelamatan bumi.

Energi listrik banyak berasal dari bahan bakar fosil. Semakin banyak kamu menggunakan energi listrik, maka semakin banyak pula emisi karbon yang dihasilkan.

 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading