Sukses

Lifestyle

Tanda Kucing Sedang Kesakitan, Segera Bawa ke Dokter Hewan untuk Perawatan

Fimela.com, Jakarta Inginnya, kucingmu selalu dalam kondisi sehat sepanjang hidupnya. Tapi, ancaman gangguan kesehatan bisa saja terjadi padanya yang sayangnya pemilik anabul terkadang lalai melihat tanda-tandanya. Sudah jadi naluri alaminya untuk menyembunyikan luka atau rasa sakit, amati beberapa perubahan berikut ini yang menunjukkan ada yang tidak beres dengan hewan peliharaanmu.

Perubahan Cara Berjalan

Saat mengalami luka atau gangguan kesehatan, kucing sebisa mungkin akan menyembunyikannya agar tidak menjadi sasaran predator. Tapi anabulmu mungkin akan sulit menghindari kakinya yang pincang jika rasa sakit menyerang tubuh bagian bawahnya. Amati bagaimana kucingmu mencoba berjalan seperti biasa, tapi sedikit menyeret kakinya.

Semakin kesakitan, maka akan semakin parah pincangnya. Jika mengalami rasa sakit pada cakarnya, kucing akan sering mencelupkannya ke dalam air. Ini biasanya menandakan ada yang tersangkut seperti duri atau kaca. gunakan pinset untuk mengeluarkan benda asing kecil yang melukai bantalan kakinya, tapi jika lukanya lebih dalam atau gejala lain, segera bawa kucing ke dokter hewan.

Perubahan Perilaku

Ada beberapa hal yang biasanya disukai oleh kucing, tapi rasa sakit membuatnya sulit untuk menikmatinya. Misalnya, rasa sakit pada perutnya saat dibelai akan memicu sikap agresif untuk mencakar atau menggigit tanganmu.

Bisa juga mengeong berlebihan saat tubuhnya disentuh, sebagai caranya menunjukkan rasa sakit. Gangguan kesehatan ini bisa berasal dari cedera luar seperti abses, maupun penyebab yang tersembunyi misalnya persendian, otot, tendon atau bagian lain dalam tubuhnya. Apa pun itu, hubungi dokter hewan langgananmu untuk menanyakan kondisi anabulmu.

Lesu

Kebanyakan kucing memang sering dianggap hewan malas. Duduk di dekat jendela atau tiduran selama beberapa jam, lalu makan atau bermain sejenak sebelum kembali rebahan. Rasa sakit bisa bikin anabulmu berbaring lebih lama atau duduk diam di satu tempat. Ini merupakan caranya untuk duduk mengendalikan rasa sakitnya, lebih banyak beristirahat, dan mengumpulkan energi.

Jika tampak lesu diikuri dengan kehilangan nafsu makan, bisa jadi gangguan kesehatan pada hewan peliharaanmu dipicu oleh keracunan atau infeksi. Jangan ragu untuk membawa anabulmu ke dokter hewan untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan.

Kehilangan Nafsu Makan

Salah satu gejala yang sering dialami kucing sebagai tanda nyeri berlebihan adalah kehilangan nafsu makan. Seperti gangguan sendi pada kucing yang cukup tua akan membuatya sulit untuk mengunyah dan menelan makanannya.

Selain itu, nafsu makan yang menurun juga bisa menjadi gejala dari penyakit seperti hipotiroid maupun efek samping obat. Jangan biarkan kucing tidak menyentuh makanan maksimal 3 hari, karena bisa menyebabkan kerusakan hati yang parah.

Mulai dari awal untuk menjaga kesehatan kucing, dengan menyediakan cat food yang sehat dan berkualitas. Muezza bisa jadi pilihan tepat karena terbuat dari bahan alami yang diolah dengan teknologi modern. Sehat dan halal, dapatkan keempat varian rasa lezatnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

What's On Fimela
Loading