Sukses

Lifestyle

5 Rahasia Orang yang Rumahnya Selalu Rapi dan Bersih

Fimela.com, Jakarta Selalu kagum dengan rumah yang terlihat bersih kapan pun, sebab kamu tidak seperti itu? Mulai dari tak ada debu, barang-barang teroganisir rapi, sampai aroma yang wangi. 

Bisa jadi kamu memakai produk pembersih dengan cara yang salah atau memiliki kebiasaan kurang mumpuni dalam beberes atau bersih-bersih. Nah, siapkan peralatan yang dibutuhkan, dan ikuti panduan ini untuk mendapatkan rumah rapi yang bersih melansir dari rd.com;

 

1. Mereka tahu bagaimana membuat ruang

Apakah banyak banyak bertumpuk dan berserakan di setiap sudut atau di setiap meja? Mulai ikuti aturan satu masuk, satu keluar.

"Saat kamu membeli sesuatu yang baru, singkirkan, jual, atau sumbangkan barang lama untuk menciptakan ruang bagi barang baru tersebut," ujar Nancy Haworth dari On Task Organizing.

 

 

Punya jadwal teratur

Orang yang rapi memiliki protokol untuk menjaga segala sesuatunya tetap terjaga dan teratur. Sebab mereka memiliki jadwal dan rutinitas pembersihan sehingga kotoran dan cucian tidak menumpuk.

"Misalnya mereka menetapkan hari untuk menyedot debu atau mencuci pakaian tiap Senin agar tugas-tugas besar tidak terlewatkan," ujar Carrie Higgins, penulis Organization Hacks dan pendiri blog Making Lemonade.

 

 

Bersih saat masuk rumah

Kadang hal kecil seperti itu membuat tempat tinggal semakin bersih. Bailey Gaddis, organisator profesional bersertifikat dan penulis Feng Shui Mommy, memulai dengan kebijakan melepas sepatu di luar rumah. 

"Selain rapi, kita mencegah racun, tanah, daun, dan barang lainnya cepat mengotori lantai agar tidak masuk rumah," katanya.

 

 

Punya tempat untuk segalanya

Jika kamu memiliki terlalu banyak barang tanpa tempat untuk menaruhnya, pasti akan terjadi kekacauan dan tumpukan di rumah yang makin sulit dibersihkan. Jadi pastikan tiap barang punya tempatnya, seperti gantungan untuk menggantung kunci sampai panci.

 

Menemukan cara cerdas untuk menyimpan lebih banyak

Orang-orang dengan rumah yang bersih menggunakan kecerdaran mereka dalam hal membantu barang tetap teratur. "Organizer dengan kantong bening bisa menyimpan perbiasan dan makeup. Semua ditata sehingga memiliki akses mudah dan dapat terlihat jelas," kata Paloma Baillie, pakar DIY dengan aplikasi 5mile.

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading