Sukses

Lifestyle

Tips Diet Sehat untuk Pemula, Aman dan Tidak Membahayakan

Memiliki tubuh langsing yang ideal pasti menjadi mimpi bagi banyak perempuan. Demi mewujudkan impiannya, banyak orang yang memiliki berat badan yang dirasa tidak ideal akan melakukan diet. Diet memang merupakan salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Salah satunya adalah dengan melakukan diet sehat.

Sayangnya, masih banyak orang yang melakukan diet tidak sehat misalnya dengan menyiksa diri dengan rasa lapar berlebihan serta mengonsumsi obat diet berbahan kimia. Padahal, menerapkan diet yang salah dapat menimbulkan efek samping seperti sakit.

Tips diet sehat tidak hanya membuat kamu mendapatkan berat badan ideal, tetapi juga memiliki tubuh yang sehat. Kamu tidak perlu menyiksa diri dengan mengurangi porsi makan secara drastis, mengonsumsi makanan yang tidak enak, ataupun membuat diri sendiri kelaparan.

Tips diet sehat juga merupakan cara mencintai tubuh dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat serta gaya hidup yang sehat. Berikut ini Fimela.com telah merangkum tips diet sehat untuk pemula yang aman dan tidak membahayakan tubuh. Simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Tidak Membiarkan Tubuh Kelaparan

Tips diet sehat untuk pemula yang pertama dengan menghilangkan kebiasaan yang membuat tubuhmu kelaparan. Diet dengan menahan lapar secara berlebihan biasanya justru akan menjadi jalan untuk balas dendam dengan makan berlebihan.

Kasus ini sudah banyak terjadi dan seringkali akan berakhir dengan kegagalan. Meninggalkan perut hingga kondisi lapar hanya akan membuat kamu semakin sulit menahan nafsu saat ada makanan. Akibatnya, kamu akan melupakan cara diet sehat dan malah memakan apapun yang ada di depanmu.

Untuk mengatasinya, selalu sediakan bekal sehat di dalam tasmu. Makanan porsi kecil tapi bergizi tinggi seperti telur rebus, greek yoghurt atau pisang dapat memenuhi kebutuhan tubuh kamu seketika tanpa meninggalkan kalori yang berlebihan.

Belajar Mengunyah dengan Benar

Tips diet sehat untuk pemula yang selanjutnya dengan memerhatikan cara mengunyah. Sebisa mungkin kamu mengunyah makanan dengan benar. Setiap kamu makan dengan terburu-buru dan tidak mengunyahnya dengan baik artinya tidak memberikan waktu pada perut untuk mengirimkan sinyal kenyang menuju otak.

Oleh sebab itu, mengunyah dengan benar dapat membantu kamu merasa kenyang dan tidak makan berlebihan. Cara mudahnya, kamu bisa mengatur durasi makan. Sebagai contoh, beri waktu 15 menit untuk menghabiskan makanan kemudian berhenti beberapa saat. Dengan metode ini, anda dapat memberi jeda waktu yang cukup pada proses penyampaian sinyal kenyang menuju otak.

Memperhatikan Asupan Nutrisi

Cara diet sehat yang selanjutnya dengan memerhatikan asupan nutrisi untuk tubuh. Tubuh setidaknya membutuhkan 5 porsi buah dan sayuran dalam sehari guna memenuhi nutrisi yang kamu butuhkan.

Pilihlah buah-buahan yang cocok untuk diet, dan konsumsi secara rutin. Kamu cukup membagi porsinya ke dalam beberapa waktu. Misalnya pada saat sarapan atau makan siang. Kamu juga bisa menjadikan buah dan sayur sebagai camilan di sore hari atau saat makan malam.

Menjaga Tubuh agar Terhindar dari Dehidrasi

Tips diet sehat yang selanjutnya dengan memastikan tubuh untuk selalu terhidrasi oleh air putih. Sudah bukan rahasia lagi bahwa air putih merupakan hal yang paling esensial untuk tubuh. Memang kebutuhan air bagi setiap orang memang berbeda-beda. Tetapi, dengan meminum air lebih banyak bisa mendukung diet alami penurun berat badan.

Cobalah untuk meminum air paling tidak 2 liter sehari dengan membiasakan diri membawa botol minum. Dengan begitu anda akan merasa kenyang lebih lama nantinya jika kebutuhan air dalam tubuh akan tercukupi.

Mengurangi Konsumsi Garam

Tips diet sehat yang berikutnya dengan mengurangi konsumsi garam. Mengurangi konsumsi garam merupakan salah satu cara diet sehar yang terkenal ampuh. Alasannya adalah sodium yang berlebihan bisa membuat tubuh kesulitan untuk memproses metabolisme lemak.

Cobalah untuk membiasakan diri untuk mengonsumsi sayur, ayam, ataupun telur tanpa tambahan garam. Untuk tetap mendapatkan rasa gurih pada masakan, kamu bisa menggunakan garam laut asli yang mengandung lebih sedikit sodium atau menambahkan cottage cheese ke dalam telur dadar. Dengan mengurangi konsumsi garam, tekanan darah kamu juga ikut terkontrol.

Loading
Artikel Selanjutnya
Penyebab Down Syndrome yang Perlu Diwaspadai, Lengkap Beserta Ciri dan Pencegahannya
Artikel Selanjutnya
7 Tanda Kulit Mengalami Dehidrasi yang Harus Segera Diatasi