Sukses

Lifestyle

Hal yang Jika Dibiasakan akan Mengubahmu Menjadi Orang yang Lebih Positif

Fimela.com, Jakarta Berpikir positif bukanlah keajaiban dan tidak akan membuat semua masalahmu hilang. Tetapi ia akan membantu membuat masalah tampak lebih mudah dikelola dan membantu menghadapi kesulitan dengan cara yang lebih positif dan produktif. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan sederhana yang dapat membantumu menjadi orang yang lebih positif.

1. Fokus pada hal-hal baik

Situasi yang menantang dan rintangan adalah bagian dari kehidupan. Ketika kamu menghadapinya, fokuslah pada hal-hal baik, tidak peduli seberapa kecil atau tampaknya tidak penting. Misalnya, jika seseorang membatalkan rencana, fokuslah pada bagaimana hal itu dapat membebaskan waktumu untuk menonton acara TV atau aktivitas lain yang disukai.

2. Latih rasa syukur

Mempraktikkan rasa syukur telah terbukti mengurangi stres, meningkatkan harga diri, dan menumbuhkan ketahanan bahkan di saat-saat yang sulit. Pikirkan orang, momen, atau hal-hal yang memberimu  semacam kenyamanan atau kebahagiaan dan cobalah untuk mengungkapkan rasa terima kasih setidaknya sekali sehari. Ini bisa berupa ucapan terima kasih kepada rekan kerja karena membantu proyek, orang yang dicintai karena mencuci piring, atau kepada hewan peliharaan atas cinta tak bersyarat mereka.

3. Catat hal yang kamu syukuri dalam hidup

Studi telah menemukan bahwa menuliskan hal-hal yang disyukuri dapat meningkatkan optimisme dan rasa sejahteraa. Kamu dapat melakukannya dengan menulis di jurnal rasa syukur setiap hari, atau menuliskan daftar hal-hal yang disyukuri pada hari-hari di mana kamu mengalami masa yang sulit. Mulailah dari hal kecil, seperti berterima kasih karena bisa makan yang enak, punya teman yang baik atau memiliki hubungan yang harmonis.

4. Terbuka pada humor

Penelitian telah menemukan bahwa tertawa menurunkan stres, kecemasan, dan depresi. Ini juga dapat meningkatkan suasana hati dan harga diri. Bersikaplah terbuka terhadap humor dalam segala situasi, terutama situasi yang sulit, dan biarkan dirimu tertawa. Ini langsung mencerahkan suasana hati dan membuat segalanya tampak lebih mudah. Bahkan jika dirimu tidak merasakannya; berpura-pura atau memaksakan diri untuk tertawa dapat memperbaiki suasana hati dan menurunkan stres.

5. Habiskan waktu bersama orang yang positif

Pertimbangkan dengan siapa kamu menghabiskan waktu. Pernahkah kamu memerhatikan bagaimana seseorang dalam suasana hati yang buruk dapat menjatuhkan hampir semua orang di sebuah ruangan? Orang yang positif memiliki efek sebaliknya pada orang lain. Berada di sekitar orang-orang positif telah terbukti meningkatkan harga diri dan meningkatkan peluangmu untuk mencapai tujuan. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang akan mengangkatmu dan membantumu melihat sisi baiknya.

Cara lainnya yang bisa membantumu untuk berpikir lebih positif antara lain; berbicara positif pada diri sendiri, mengindentifikasi hal yang paling membuatmu berpikir negatif, dan memulai hari dengan menulis hal-hal positif. Walau terlihat sederhana, jika dibiasakan setiap hari kebiasaan ini bisa membuat hidupmu lebih berkualitas dan berbahagia. Jadi, sudah siap mencobanya, Sahabat Fimela?

#ElevateWomen

Loading