Sukses

Lifestyle

IDI: Pasien Muda Tanpa Komorbid Jadi Sasaran Varian Baru Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Anggota Satgas COVID-19 dari Ikatan Dokter Indonesia Erlina Burhan menyebut kebanyakan pasien COVID-19 yang kini tengah menjalani perawatan merupakan usia muda dan tidak memiliki riwayat kesehatan yang buruk. Diduga mereka terinfeksi varian baru virus Corona yang sudah teridentifikasi di Indonesia.

Sampai saat ini, Erlina belum bisa mengidentifikasi secara jelas terkait gejala klinis yang dialami oleh pasien COVID-19 yang disebabkan oleh varian baru virus corona. Namun dalam beberapa bulan terakhir, ada beberapa gejala dan kondisi pasien COVID-19. Salah satunya tidak memiliki komorbid.

"Non varian itu gejalanya sangat khas. Biasanya pasien tua atau dengan komorbid. Sekarang dengan ditemukan varian-varian baru, banyak pasien yang di rumah sakit itu pasien muda, kemudian juga tidak ada komorbid," kata Erlina Burhan dalam acara virtual pada Jumat (18/6/2021).

Lebih lanjut Erlina menyebut terjadi pergeseran karakter pasien COVID-19. Baik dari segi usia hingga tingkat keparahan penyakit yang mungkin disebabkan oleh varian baru virus corona.

Data yang belum memadai untuk identifikasi gejala

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Sally Aman Nasution menyampaikan bahwa Indonesia belum memiliki data yang cukup terkait penyebaran varian baru virus corona. Hal ini karena jumlah spesimen yang diperiksa menggunaka Whole Genome Sequence masih sangat terbatas.

Meski demikian, kehadiran varian baru virus corona patut menjadi perhatian semura orang, termasuk pemerintah. Pemerintah pun didesak untuk memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) secara menyeluruh. Mengingat PPKM secara mikro dinilai tidak bisa mengatasi penyebaran virus corona.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

PLAYLIST VIDEO 30 JULI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Tembus Rp 800 Juta, Kisah Lelang Motor untuk Bantu Penanganan Covid-19
Artikel Selanjutnya
Kesempatan Raih Peluang Bisnis di Tengah Pandemi