Sukses

Lifestyle

Jadi Pemimpin dan Tingkatkan Kreativitas dengan Pelatihan Tepat Bersama Program Untuk Indonesia

Fimela.com, Jakarta Dalam sebuah kelompok seperti negara, organisasi atau perusahaan tentu ada seorang pemimpin yang bertanggung untuk memimpin dan pengambil keputusan. Pemimpin bukan hanya title melainkan tahu apa tugas yang akan dilakukan.

"Pemimpin itu seperti President, Gubernur, Walikota, hingga CEO. Bukan hanya title saja, tapi pemimpin adalah seseorang yang tahu arah suatu kelompok kemana, punya visi, apa yang harus dirubahagar lebih baik, melakukan sesuatu dan mau menyelesaikannya," ujar Dharmaji Suradika CEO Pemimpin.id dalam acara peluncuran UNTUK.INDONESIA secara virtual beberapa waktu lalu.

Pemimpin juga dapat mengajak orang lain untuk bergerak bersama menyelesaikan masalah dan menciptakan sesuatu. Namun perlu diingat, Dharmaji menerangkan jika pemimpin itu yang paling penting bisa memimpin diri sendiri apapun levelnya.

"Pemimpin itu seperti mimpin orang lain, padahal 70 persen penelitian pemimpin itu dapat memimpin diri sendiri," tambahnya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kepemimpinan, program UNTUK.INDONESIA yang merupakan kolaborasi antara Paragon Technology and Innovation (Paragon), Ganara Mariberbagi Seni (GanaraArt) dan Pemimpin Indonesia (Pemimpin.id) menggerakkan perubahan baik di tengah masyarakat melalui peningkatan kapasitas kreativitas, kepemimpinan, inklusivitas yang inovatif dan berkesinambungan.

UNTUK.INDONESIA akan mengadakan roadshow ke beberapa daerah Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Banyuwangi dan Bali memberikan pelatihan kreativitas dan kepemimpinan sebagai bentuk peningkatan kapasitas untuk komunitas lokal serta jurnalis sebagaiacara pembuka dari kegiatan lanjutan yang berjenjang dan berkesinambungan.

Program ini dijalankan karena adanya kesadaran bahwa Indonesia adalah negara yang besar, memiliki potensi sekaligus tantangan yang besar untuk menjadi ekosistem yang dapat mendukung kesejahteraan masyarakatnya.

Mengenal Ganara.Art dan Pemimpin.id

Terinspirasi dari cerita Rumah Peneleh milik HOS Tjokroaminoto di mana pemimpin-pemimpin bangsa tinggal dan tumbuh. Pemimpin.id memiliki harapan untuk menjadi rumah belajar para pemimpin untuk membuat ekosistem kepemimpinan Indonesia lebih baik. Dengan visi membentuk ekosistem kepemimpinan Indonesiayang menumbuhkan, bersinergi dan mendidik.

Perubahan Sosial yang didirikan sejak 2014 oleh Ganara.Art kami percaya bahwa semua anak Indonesia berhak mendapat kesempatan untuk mengekspresikan diri dan diapresiasi, yang dapat diperoleh lewat seni.

Telah berkegiatan seni bersama dengan kurang lebih 35,000 anak dan guru di berbagai daerah di Indonesia: Jakarta, Bogor, Tangerang, Yogja, Makassar, Bandung, Gowa, Bogor, Depok, dan beberapa pulau di wilayah Maluku.

Program utama yang dilakukan oleh Ganara Art adalah “Art For Change”-Berpikir Kritis dan Inklusi Sosial Melalui Seni menargetkan siswa sekolah menengah.

Kurikulum Art for Change menekankan pada diskusi dan interpretasi seni. Ini menggunakan seni sebagai pengaturan netral untuk menyatukan siswa dari pandangan yang berbeda untuk memungkinkan percakapan tentang isu-isu sensitif, mempromosikan keragaman dan inklusi sosial.

Selain itu juga terdapat Program Kewarganegaraan Digital untuk siswa sekolah dasar pada tahun 2019-2020, dan Perempuan Maju Digital, yaitu rangkaian program pengembangan bagi perempuan pemilik usaha rintisan untuk memajukan usahanya/ ide bisnis dengan memaksimalkan penggunaan teknologi dan keterampilan kreatif.

#elevate women

Loading