Sukses

Lifestyle

4 Tips dari Terapis untuk Selamatkan Pernikahan dari Ambang Perceraian

Fimela.com, Jakarta Perceraian semakin meningkat di masa pandemi. Hal ini terjadi karena pasangan terjebak di rumah dalam waktu yang lama sehingga menimbulkan lebih banyak konflik.

Menghadapi pasangan selama berada di rumah kemungkinan besar berpengaruh pada kondisi kesehatan mental dan emosional. Kesehatan mental dan emosi yang tidak stabil berpotensi membawa pasangan pada keputusan yang terburu-buru, seperti perceraian.

Dikutip dari Purewow, sejumlah terapis pernikahan memiliki tips untuk menyelamatkan pernikahan dari ambang perceraian. Tips ini dinilai mampu menjaga hubungan jangka panjang. Seperti apa tipsnya?

1. Fokus pada koneksi bukan hanya komunikasi

Setiap terapis atau ahli hubungan akan mengatakan komunikasi menjadi kunci penting dalam hubungan. Namun menurut Harville Hendrix, Ph.D. dan Helen LaKelly Hunt, Ph.D., komunikasi tanpa koneksi yang benar sebenarnya bisa berbahaya bagi hubungan. Dengan mempraktikkan empati dan kasih sayang untuk pasangan serta untuk diri sendiri meningkatkan kemungkinan hasil yang positif.

Meskipun komunikasi jadi hal penting, saling terhubung akan benar-benar membuat pasangan memahami pentingnya satu sama lain sebagai pasangan.

 

2. Bicara bergantian dan mendengarkan

Ini adalah alat yang sederhana namun kuat untuk memastikan setiap pasangan merasa didengarkan. Ini menciptakan kesempatan yang sama untuk berbagi pikiran, perasaan, dan emosi serta membantu membuat kedua apsangan menjadi pendengar aktif yang lebih baik.

3. Ganti penilaian dengan rasa ingin tahu

Mengganti penilaian dengan rasa ingin tahu yang otentik adalah cara aktif untuk meningkatkan koneksi kamu dengan pasangan. Sekaligus menunjukkan bahwa kamu peduli. Mendengarkan tanpa menghakimi memberi pasangan ruang untuk menjadi diri mereka sendiri. Keingintahuan kamu dapat membuat kamu menjelajah sebuah pemikiran yang berbeda.

4. Cobalah untuk membuat pasangan tertawa sekali sehari

Ketika hubungan menjadi terlalu tegang atau stres, pasangan sering lupa seperti apa bersenang-senang bersama. Tindakan melepaskan kekhawatiran, meski hanya sementara, dapat membantu kamu mendapatkan kembali koneksi dengan pasangan. Tertawa dan tersenyum jadi cara yang baik. Setidaknya buatlah pasangan tersenyum sekali setiap hari. Kamu tidak hanya merasa lebih terhubung melainkan juga secara aktif membantumu untuk fokus dengan pasangan.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Masalah yang Sering Muncul saat Merencanakan Pernikahan dengan Pasangan
Artikel Selanjutnya
Studi: Pasangan yang Bertemu secara Online 6 Kali Lebih Mungkin Cerai di Tahun-Tahun Awal Pernikahan