Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Antiseptik Povidone-Iodine yang Viral di TikTok

Fimela.com, Jakarta Povidone-Iodine mendadak viral di TikTok dan menjadi perbincangan hangat warganet sebagai antiseptik yang bisa membunuh kuman. Viralnya Povidone-Iodine ini karena ada sekelompok masyarakat yang menggunakannya untuk mandi hingga mencuci pakaian sebagai upaya terhindar dari virus COVID-19. Povidone-Iodine sendiri merupakan kandungan yang ada pada obat luka. seperti Betadine Antiseptik, untuk mencegah infeksi.

Selain mencegah infeksi, Povidone-Iodine yang viral di TikTok ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Ia merupakan antiseptik yang dapat membunuh kuman dan bakteri dengan cara merusak sel kuman dan membuat kuman jadi tidak aktif. Bagaimana cara memanfaatkan Povidone-Iodine? Simak informasi berikut ini.

1. Pembasmi hama tanaman

Bagi kamu yang sedang gemar bercocok tanam bisa memanfaatkan povidone-iodine untuk mengatasi tanaman yang layu akibat hama. Kamu cukup perlu memisahkan tanaman yang sudah membusuk dengan yang masih sehat dan bertunas. Oleskan Betadine Antiseptik ke bagian yang sehat dan tanam kembali.

2. Menghasilkan karya seni

Seniman Erika Richardo justru memanfaatkan povidone-iodine dengan cara yang unik. Yakni dengan menjadikannya sebagai bahan pembuat lukisan. Ketika Betadine Antiseptik bercampur dengan air, ia akan berubah warna untuk kemudian digoreskan di atas kertas. Warnanya akan berubah menjadi biru saat diaplikasikan ke kertas putih.

 

3. Menghilangkan kuman dan jamur pada hewan

Bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan dengan jamur di kulit, bisa menggunakan povidone-iodine yang ada pada Betadine Antiseptik untuk membunuh jamur. Kamu bisa menjadikan hewan peliharaan dengan larutan Betadine Antiseptik dngan takaran 6-15 tetes untuk 60 liter air.

Saat memiliki luka yang terbuka, campurkan sekitar 20 tetes ke dalam larutan air dan basuh ke bagian yang luka. Selain mengatasi jamur, povidone-iodine juga mernghilangkan bau tidak sedap akibat jamur. Lengkapnya bisa melihat video TikTok dari Ezron Tarigan.

4. Mensterilkan brush makeup

Salah satu penyebab kulit berjerawat dan iritasi bisa jadi karena penggunaan brush makeup yang tidak bersih. Selain menggunakan sabun, kamu bisa menggunakan povidone-iodine untuk mematikan kuman dan bakteri yang ada pad akuas. Cukup rendam brush di dalam air hangat yang sudah diberi beberapa tetes Betadine Antiseptik. Tunggu beberapa menit, kemudian keringkan.

5. Mensterilkan mainan anak

Di tengah pandemi ini, kesehatan menjadi hal yang nomor satu, apalagi kesehatan anak. Kuman dan bakteri sering menempel di manapun, termasuk di mainan anak. Agar mainan tersebut bebas kuman dan aman digunakan Anak, cukup merendam dengan air yang sudah diberikan 5-6 tetes Betadine Antiseptik, selama lima menit, kemudian bilas dan keringkan.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading