Sukses

Lifestyle

5 Tips Menghadapi Rasa Takut Kehilangan Orang yang Kamu Cintai

Fimela.com, Jakarta Takut kehilangan seseorang yang dicintai bukanlah perasaan yang tidak biasa. Apakah dirimu baru saja menjalin hubungan, atau sudah lama menjalin hubungan, rasa takut itu masih ada karena, hadapi saja, dirimu bisa kehilangan mereka kapan saja. Terlepas dari itu, paranoia memiliki cara merayap ke otak kita, dan menyebabkan kita membayangkan skenario mengerikan di mana kita tidak lagi bersama orang yang kita cintai. Berikut ini adalah beberapa tips menghadapi perasaan takut untuk kehilangan seseorang.

Santai Saja

Ketakutan kehilangan seseorang yang dicintai sepenuhnya alami. Jika dirimu memiliki perasaan untuk mereka sama sekali, maka dirimu akan marah jika suatu hari mereka pergi darimu. Ini bukan berita bagi siapa pun dalam suatu hubungan.

Dengan menyadari bahwa normal bagimu untuk memiliki rasa takut kehilangan seseorang yang dicintai, dirimu akan dapat menerima perasaanmu dan berusaha untuk move on. Kehilangan rasa takut ini sama sekali sebenarnya menimbulkan kekhawatiran, karena biasanya menandakan masalah yang lebih besar, seperti kehilangan minat dalam hubunganmu.

Jangan Mengendalikan Segalanya

Ada hal-hal dalam hidupmu yang akan terjadi, apakah dirimu menginginkannya atau tidak. Dirimu tidak dapat secara fisik menghentikan setiap orang yang datang ke dalam hidupmu untuk pergi. Mereka akan datang, dan mereka akan pergi, tanpa persetujuanmu.

Jadi biarkan saja terjadi. Berhentilah mengkhawatirkannya sepanjang waktu dan sadari bahwa dirimu tidak dapat mengendalikan perasaan mereka dan dirimu tidak dapat mengendalikan semua yang mereka lakukan, tidak peduli seberapa besar keinginanmu.

Buat Jurnal

Menuliskan pikiran, perasaan, dan ketakutanmu ketika harus kehilangan seseorang yang dicintai dapat membantumu mengatasi beban itu. Menuliskan apa yang ada di pikiranmu di atas kertas adalah cara yang bagus untuk meredakan ketegangan dan sedikit bersantai.

Ini juga merupakan cara yang efektif bagimu untuk menganalisis seberapa berlebihan ketakutanmu. Melihat kekhawatiranmu di atas kertas akan membantumu melihat bahwa mungkin dirimu perlu sedikit menguranginya, dan bahwa semuanya akan baik-baik saja pada akhirnya.

Berkomunikasi dengan Pasangan

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi rasa takut kehilangan orang dicintai adalah dengan membicarakannya dengan mereka. Jika ketakutanmu sangat menghancurkanmu, maka dirimu perlu memberi tahu pasanganmu bagaimana perasaanmu. Mungkin mereka dapat meyakinkanmu dan meringankan rasa sakitmu.

Sadari Dirimu Mungkin Memperburuk Keadaan

Dengan terlalu mengkhawatirkan kehilangan seseorang, dirimu sebenarnya dapat memperburuk situasimu saat ini atau bahkan membuat mereka menjauh. Jika pikiranmu begitu terperangkap dalam gagasan bahwa mereka akan meninggalkanmu, dirimu mungkin akan membawa pasangan ke arah opinimu.

Rasa takut kehilangan pasti dialami oleh siapa pun. Namun, cobalah untuk lebih tenang. Jangan terlalu berpikir negatif berlebihan.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading