Sukses

Lifestyle

Mendengarkan ASMR Bisa Jadi Metode Baru untuk Relaksasi

Fimela.com, Jakarta Relaksasi merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks melalui sebuah proses yang secara progresif akan melepaskan ketegangan otot di setiap tubuh. 

Banyak cara pula yang dapat dilakukan untuk melakukan relaksasi, dengan mendengarkan musik, berdiam diri, latihan pernapasan, dan masih banyak lagi.

Mungkin banyak di antara kita yang sering melihat konten-konten ASMR di YouTube, seperti konten ASMR Mukbang, ASMR Tingle, ASMR Energy Healing, dan masih banyak lagi. 

Padahal konten-konten tersebut hanya berisi suara bisikan, kertas yang disobek, suara gesekan, bahkan suara orang mengunyah. Tapi tak dapat dipungkiri, channel YouTube yang berisi tentang konten ASMR sangat populer sehingga memiliki jutaan penonton.

Apa Itu ASMR?

Salah satu penelitian mendefinisikan Autonomous Sensory Meridian Responses atau yang biasa kita kenal sebagai ASMR sebagai konten yang dengan format audio untuk menggambarkan pengalaman sensasi tingling di ubun-ubun kepala, sebagai respons terhadap berbagai pemicu audio visual seperti bisikan, ketukan, dan gerakan tangan.

Biasanya, suara yang ada pada konten ASMR tergolong sebagai suara white-noise, yakni suara yang dapat menenangkan dan juga dapat membantu menutupi suara lain yang lebih mengganggu.

Bahkan, video yang menggunakan ucapan biasanya akan memiliki kata-kata yang pendek, namun lebih berfokus pada suara lainnya seperti gemerisik daun, ketukan, kerutan, ataupun suara lain yang lebih netral

Manfaat Mendengarkan ASMR

1. Mengurangi Stres

Studi menunjukkan bahwa ASMR dapat membantu mengurangi detak jantung, meningkatkan perhatian dan memori, dan juga dapat membantu orang yang menderita depresi, kecemasan, hingga sakit kronis.

Berdasarkan ASMR Research Project, cara tubuh merespons rangsangan lembut tertentu dianggap sebagai respons genetik yang membantu mengurangi hormon stres. 

2. Mengatasi Insomnia

Dikutip dari Mindworks, konten ASMR ini ada hubungannya dengan mindfulness, karena memiliki efek dalam mengurangi stres, dan telah terbukti membantu orang pula dalam mengatasi insomnia untuk membantu mereka tertidur,

Sehingga dapat disimpulkan bahwa ASMR dapat membantu mengurangi stres dan membantu orang-orang untuk rileks bahkan hingga tertidur sesaat setelah mendengar atau melihat kontennya.

3. Relaksasi

ASMR merupakan salah satu bentuk relaksasi. Jika kamu merasa tegang, kesal, atau bahkan merasa sakit, ASMR dapat membantu rileks. Dalam hal itulah, ASMR dan meditasi bisa berjalan beriringan. 

Sama halnya dengan bagaimana kamu merawat seseorang yang sedang mengalami cedera ringan, maka kamu mungkin akan memeluknya, mencium keningnya, atau berbicara dengan tenang. Hal itulah yang melepaskan oksitosin dan melatonin, dan yang membantu rileks.

4. Meningkatkan Mood dan Fokus

Selain manfaat-manfaat tersebut, ternyata ASMR memiliki manfaat lainnya, yakni meningkatkan mood dan fokus seseorang pula. Karena, rekaman ASMR memicu perasaan rileks karena banyak video yang cukup panjang dari segi durasi, yang mana kamu dapat mendengarkannya sambil berbaring sembari memfokuskan pikiran. 

Nah, bagi kamu yang ingin merilekskan diri dari kepenatan aktivitas sehari-hari, konten ASMR bisa jadi pilihan, Selamat mencoba!

 

*Penulis: Chrisstella Efivania.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading