Sukses

Lifestyle

Kasus COVID-19 Meningkat, Ini Tips Liburan Alternatif dari Rumah bagi Keluarga

Fimela.com, Jakarta COVID-19 saat ini mengalami peningkatan secara signifikan. Padahal, bulan ini merupakan masa libur sekolah yang mana biasanya dimanfaatkan oleh keluarga untuk bisa pergi liburan dan melakukan aktivitas di luar rumah. 

Ketidakpastian di masa pandemi, dan ketegangan dalam menyesuaikan diri kembali dengan rutinitas dan realitas pekerjaan, pengasuhan anak dan sekolah membuat semua orang merasa penat dan mendambakan kehidupan normal lagi seperti sebelum adanya COVID-19.

Liburan adalah salah satu bagian penting dari aspek kehidupan. Dilansir dari The New York Times, salah satu studi menunjukkan bahwa pria yang berisiko terkena penyakit jantung dan tidak mengambil liburan tahunan, akan memiliki resiko 32 persen lebih tinggi mengalami serangan jantung. Begitu pula dengan perempuan, yang jarang berlibur memiliki delapan kali lebih mungkin terkena penyakit jantung.

Lalu, apakah mungkin untuk berlibur dengan keluarga tanpa meninggalkan rumah? Jika demikian, bagaimana? Yuk, simak 4 rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan keluarga selama berlibur di dalam rumah!

Rekomendasi liburan keluarga di dalam rumah

1. Movie Night

Menonton film dari online platform seperti Netflix bukan lagi hal yang asing bagi banyak orang. Ini merupakan salah satu hiburan yang dilakukan untuk ‘killing time’ bagi orang-orang yang tidak bisa keluar rumah. 

Menonton film bersama di ruang keluarga bisa jadi satu pilihan yang cocok sebagai hiburan bersama. Carilah film terkenal yang berasal dari belahan dunia manapun, sehingga kamu dan keluarga bisa melakukan traveling hanya dari film-film yang ditonton.

2. Bermain board-game

Memainkan permainan seperti Jenga, Monopoli, kartu UNO, dan permainan sejenisnya bisa membuat hari-harimu menjadi lebih berwarna selama di rumah, dan tentunya permainan ini bisa menjalin keakraban bersama keluarga.

3. Berkebun

Jika kamu tidak bisa keluar, bawalah yang ada di luar ke dalam rumah. Dalam hal ini, tumbuhan bisa menjadi hal yang dibawa ke dalam rumah. Tanam bunga atau tumbuhan favorit yang lainnya di rumah dengan mengajarkan anak-anak untuk berkebun juga.

Jika tidak punya lahan di rumah untuk berkebun, kamu bisa memulai kebun herbal di ambang jendela, ataupun menanam tanaman yang berbau dan memiliki khasiat jika ditaruh di dalam rumah, seperti lavender, lidah buaya, dragon tree, dan semacamnya. 

4. Family Talent Show

Mungkin kegiatan ini masih asing dan jarang dilakukan oleh keluarga di Indonesia. Namun, kegiatan ini bisa menjadi hal baru yang bisa anda lakukan bersama keluarga. 

Perintahkan seluruh anggota keluarga untuk menunjukkan bakatnya di depan semua orang di ruang keluarga. Kamu bisa merekam dan membagikannya pula secara virtual dengan anggota keluarga lainnya, dan minta mereka untuk memilih bakat yang menjadi favorit mereka. Dengan melakukan hal ini, maka anak bisa lebih percaya diri untuk menunjukkan bakat mereka. 

 

*Penulis: Chrisstella Efivania.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading