Sukses

Lifestyle

Sistem Baru Seleksi CPNS 2021 Cegah Klaster Covid-19

Fimela.com, Jakarta Pendaftaran CPNS 2021 resmi dibuka hari ini (30/6/2021). Peserta pendaftaran CPNS dan PPPK bisa mendaftarkan diri melalui situas http://sscasn.bkn.go.id/.

Seleksi CASN 2021 dibuka serentak untuk sejumlah formasi. Di antaranya Calon Pegawai Negeri Sipil serta Pegawa Pemerintah dengan Perjanjian Kerja guru dan nonguru. Total formasi yang dibuka untuk CPNS berjumlah 688.623 kursi.

“Jadi pendaftaran dilakukan secara serentak untuk tiga jenis kualifikasi peserta. Baik CPNS, PPPK guru dan PPPK non guru. Pendaftarannya sama pada tanggal 30 Juni sampai 21 Juli. Tidak ada perbedaan pendaftaran,” ujar Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen, kemarin.

Dikarenakan masih dalam situasi pandemi COVID-19, proses penerimaan akan diterapkan dengan protokol kesehatan yang super ketat. Sebab, BKN tidak ingin pendaftaran CPNS 2021 menjadi klaster baru dalam penyebaran COVID-19.

Memangkas sesi perhari

BKN akan memangkas tahap ujian seleksi CPNS 2021 dari 5 sesi perhari menjadi tiga sesi saja. Pelaksanaan tes akan dilakukan di titik lokasi yang sudah diatur sehingga mengurangi potensi penyebaran COVID-19.

"Seleksi ASN tahun ini akan lebih panjang waktunya, karena jumlah sesinya sudah dikurangi. Kedua adalah potensi pendaftarnya juga luar biasa besar, maka tentu saja waktunya akan lebih panjang," kata Suharmen.

BKN juga telah berkoordinasi dengan seluruh instansi untuk bekerja keras sepanjang pelaksanaan seleksi CPNS dan PPK yang digelar sejak pertengahan tahun hingga akhir 2021.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading