Sukses

Lifestyle

3 Tips Mendapatkan Istirahat yang Cukup agar Tidak Gampang Sakit

Fimela.com, Jakarta Sering kita mendengar bahwa salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh adalah mendapatkan istirahat yang cukup. Supaya tidak gampang sakit atau kekebalan tubuh tidak menurun, istirahat cukup sangatlah penting. Hanya saja masih banyak yang belum tahu cara mendapatkan istirahat yang cukup.

Istirahat yang cukup itu yang seperti apa? Mungkin itu pertanyaan yang sering muncul di benak kita. Mengutip buku Seni Diet Bahagia ala Hiromi Shinya, ada tiga cara untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Berikut uraian singkatnya.

Mendapatkan Istirahat yang Cukup

1. Tidur pada Waktu yang Sama

Usahakan untuk tidur pada waktu yang sama secara rutin. Coba jadwalkan jam tidur yang teratur setiap malamnya. Misal, tidur pukul 22.00 setiap malam, jadi setiap pukul 21.00 sudah mulai mempersiapkan diri untuk beristirahat. Selain itu, upayakan untuk mendapat tidur selama 6-8 jam tanpa terputus.

2. Tidur Malam dengan Perut Kosong

Jangan makan 4-5 jam sebelum pergi tidur. Jadwal makan perlu diatur dan disesuaikan sedemikian rupa supaya ketika tidur malam, perut tidak dalam keadaan penuh. Bagaimana kalau lapar atau haus? Bisa minum air putih cukup satu jam sebelum tidur, atau bisa juga makan sepotong kecil buah.

3. Tidur Singkat setelah Makan Siang

Setelah makan siang, cobalah untuk tidur singkat. Tidur singkat ini sekitar 30 menit saja. Jangan sampai tidur berlebihan pada siang hari karena dampaknya bisa membuat tubuh tidak nyaman.

Tiga hal di atas merupakan hal dasar yang bisa dicoba untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup menjadi langkah awal untuk menjaga kesehatan agar tidak gampang jatuh sakit.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Agar Tubuh Berenergi, Lakukan Hal Ini setelah Bangun Pagi
Artikel Selanjutnya
5 Tips agar Tetap Sehat Setelah Lelah Bekerja di Masa Pandemi