Sukses

Lifestyle

Untuk Kebiasaan Makan yang Sehat, Konsumsilah Karbohidrat Berkualitas Tinggi Ini

Fimela.com, Jakarta Mengonsumsi makanan yang sehat dengan nutrisi seimbang sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Makanan yang kita konsumsi perlu mengandung cukup protein, serat, vitamin, dan tak lupa karbohidrat. Ya, tubuh kita butuh karbohidrat yang cukup untuk bisa berfungsi dengan baik.

Penting juga diperhatikan bahwa karbohidrat yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi adalah karbohidrat yang berkualitas. Mengutip buku Seni Diet Bahagia ala Hiromi Sinya, karbohidrat berkualitas mengandung serat makanan, vitamin, dan mineral: semua unsur yang membantu metabolisme sel secara efisien, aliran darah, dan penyingkiran hasil buangan. Selain itu, karbohidrat berkualitas pada saat dicerna dan diserap untuk menghasilkan energi, menghasilkan air dan karbondioksida. 

Beberapa Sumber Karbohidrat Berkualitas Tinggi

Ada beberapa sumebr karbohidrat kualitas tinggi yang baik untuk dikonsumsi. Apa saja? Berikut daftarnya:

1. Beras merah yang belum digiling atau beras cokelat.

2. Jelai yang belum digulung.

3. Jagung.

4. Kinoa.

5. Roti yang terbuat dari gandum utuh.

6. Buckwheat jepang hitam tumbuk yang terbuat dari biji-bijian yang belum digiling.

Karbohidrat berkualitas tinggi tidak menghasilkan racun ataupun kotoran seperti halnya protein dan lemak yang dimetabolisme. Imbangi juga konsumsi lemak, protein, serat, dan vitamin yang cukup dalam menciptakan pola makan sehat dan seimbang setiap harinya.

Selalu kunyah makanan dengan baik, yaitu 30-70 kali setiap kunyahan. Mengunyah makan dengan cara ini bsia mengeluarkan sekresi aktif air liur, yaitu enzim yang berikatan baik dengan cairan lambung, air empedu, dan membantu proses pencernaan. Selain itu, mengunyah dengan baik juga bisa membantu penyerapan makanan dengan cara lebih efisien, bahkan dalam jumlah yang hanya sedikit.

Satu hal lagi yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Minumlah 8-10 gelas air yang baik setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Semoga info ini bermanfaat, ya.

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading