Sukses

Lifestyle

7 Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Mengembang dan Merekah

Fimela.com, Jakarta Meskipun alatnya lebih sederhana daripada oven karena tidak semua rumah punya oven, bukan berarti mematangkan adonan bolu pisang dalam kukusan tidak memiliki tantangan. Ada beberapa hal yang terkadang menjadi penyebab bolu pisang kukus tidak mengembang. Ini sekian cara membuat mengatasinya.

1. Pakai baking soda dan baking powder

Dalam banyak resep bolu kukus, kedua bahan pengembang ini hampir selalu ada. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu mengembangkan adonan sehingga bolu kukus bisa merekah. Jangan menghilangkan dua bahan ini jika ingin membuat bolu kukus yang bisa mengembang.

2. Jangan menghilangkan telur

Bahan kedua yang hampir selalu ada dalam resep adalah telur. Peran telur di sini sangat penting, bukan hanya sebagai pengembang bolu merekah tapi juga sebagai pelembut tekstur bolu kukus. Telur membuat bolu tidak seret saat dimakan, jadi sebaiknya jangan dihilangkan di dalam resep.

3. Pastikan kukusan sudah panas

Seperti memanggang kue dalam oven, memasak bolu dengan kukusan juga perlu teknik yang sama. Kukusan juga perlu dipanaskan dulu belum mengukus bolu. Masukkan loyang adonan setelah kukusan panas akan membantu membuat bahan baking soda dan baking powder lebih aktif sehingga mampu membuat bolu mekar.

4. Jangan sembarangan mengubah resep

Sebaiknya ikuti resep yang sudah ada jika memang sudah terpercaya. Kecuali kamu sudah ahli dalam hal membuat kue, akan lebih baik tidak sembarangan memodifikasi resep atau mengubahnya sesuai dengan bahan yang ada di rumah. Pastikan mengikuti resep lebih dulu sebelum membuat perubahan apa pun.

5. Jangan mengisi cetakan dengan penuh

Pastikan tidak mengisi penuh cetakan dengan adonan atau mengisi kukusan dengan banyak cetakan bolu sekaligus karena tidak ada ruang untuk merekah bagi si bolu. Suhu kukusan juga jadi berkurang sehingga tak bisa mematangkan bolu seperti seharusnya.

6. Gunakan cetakan bolu yang berlubang

Untuk cetakan bolu kukus di dalam cup, pastikan menggunakan cetakan yang berlubang agar uapnya bisa lebih merata memasak semua bagian adonan di dalam cetakan. Bolu kukus akan lebih mudah mekar jika suhunya merata.

7. Jangan buka tutup kukusan

Kesalahan ini juga seringkali membuat bolu tidak mekar. Suhu panas di dalam kukusan berkurang jika sering dibuka tutup sehingga gagal membuat bahan aktif di dalam bolu bereaksi.

Nah, itu dia sekian cara membuat bolu pisang kukus mengembang yang perlu diperhatikan. Jangan sampai melakukan kesalahan ya.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading