Sukses

Lifestyle

Bacaan Niat Mandi Idul Adha dan Tata Caranya

Fimela.com, Jakarta Menyambut Hari Raya Idul Adha atau dikenal sebagai Hari Raya Kurban merupakan bagian dari sunah. Setiap Muslim dianjurkan untuk menyambut kedatangannya dengan penuh suka cita. Salah satu sunah yang dianjurkan pada Hari Raya Idul Adha adalah mandi sebelum sholat Idul Adha.

Mandi sunah Idul Adha dilakukan pada pagi hari baik sebelum ataupun sesudah sholat Subuh di tanggal 10 Zulhijah. Caranya dengan menguyur seluruh bagian tubuh mulai kepala hingga ujung kaki. Jika hendak menjalankan sunah tersebut, hal mendasar yang perlu diketahui adalah bacaan niat mandi hari raya Idul Adha

Bacaan Niat Mandi Idul Adha

Berikut bacaan niat mandi sunah Idul Adha:

Nawaitul ghusla li 'idil adhaa sunnatan lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku niat mandi untuk merayakan Idul Adha sebagai sunah karena Allah ta'ala."

Waktu Pelaksanaan Mandi Idul Adha

Waktu pelaksanaan mandi bisa sebelum atau setelah sholat Subuh di pagi hari, atau jauh sebelumnya, yakni mulai tengah malam sebagaimana penjelasan Syekh al-Baijuri dalam kitabnya Hasyiyatu Asy-Syaikh Ibrahim al- Baijuri ala Syarh al-Allamah Ibn al-Qasim al-Ghazi ‘ala Matn asy-Syaikh Abi Syuja’ (Beirut: Dar al-Kitab al-Ilmiyyah, 1999) Cetakan 2, Juz I, hal. 153 sebagai barikut:

Artinya, “Waktu masuknya mandi sunnah (Idul Fitri/Idul Adha) adalah pada tengah malam.”

Mandi sebelum sholat Idul Adha tidak diwajibkan untuk dilakukan (sunah). Namun, hal ini akan menjadi tambahan pahala apabila dilaksanakan dengan niat yang sungguh-sungguh. Kendati demikian, apabila hal ini tidak dilakukan juga tidak akan menimbulkan dosa.

Tata Cara Mandi Sunah Idul Adha

Sama halnya dengan tata cara mandi wajib atau mandi Idul Fitri pada umumnya, tata cara mandi sunah Idul Adha yakni dengan menyiram seluruh tubuh menggunakan air bersih. Sebelum mengguyurkan air ke seluruh tubuh, maka langkah pertama yang dilakukan adalah membaca niat mandi sunah Idul Adha dengan sungguh-sungguh untuk mengharap berkah dari Allah SWT.

Setelah itu, siram seluruh tubuh menggunakan air bersih yang mengalir mulai dari atas ke bawah. Lalu setelah itu, dimulai kembali dari kanan hingga anggota badan yang berada di sebelah kiri. Setelah selesai, kemudian dapat dilanjutkan dengan mandi seperti biasa.

Dengan melaksanakan sunah mandi Idul Adha, selain mendapatkan pahala kita juga akan mendapatkan keutamaaannya, karena merupakan amalan sunah yang dianjurkan. Amalan sunah memiliki keutamaan dan hikmahnya tersendiri, salah satunya agar memberikan kenyamanan dan ketentraman dalam beribadah.

 

Sumber: Dream.co.id

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading