Sukses

Lifestyle

Lewat IDCamp Virtual Summit 2021, Indosat Ooredoo Siap Lahirkan Pelaku Industri Kreatif Digital

Fimela.com, Jakarta Bicara tentang aktivitas sehari-hari, kegiatan seperti mengakses smartphone dan buka laptop sudah jadi rutinitas baik sifatnya bekerja, belajar, atau bahkan liburan. Namun, pernah nggak sih kamu terbesit dalam pikiran tentang proses lahirnya sebuah sistem digital hingga akhirnya bisa diakses seperti sekarang?

Adanya sistem digital yang terdapat dalam media sosial, software virtual meeting, hingga yang lainnya muncul dari ide-ide kreatif seorang program developer. Nah untuk mencetak para programmer kelas wahid di Indonesia, Indosat Ooredoo melahirkan sebuah program bernama Indosat Ooredoo Camp atau yang biasa disebut sebagai IDCamp.

Berlangsung sejak tahun 2019, IDCamp adalah program beasiswa serta kursus yang ditujukan bagi para pelaku industri digital kreatif muda Indonesia. Sejak pertama diadakan, IDCamp telah memiliki 64 ribu peserta dengan 23 persen diantaranya adalah programmer perempuan loh!

Pada 7 Mei lalu, Indosat Ooredoo sukses menggelar IDCamp Virtual Summit yang ditayangkan secara streaming di YouTube. Ada banyak banget keseruan yang hadir di acara ini.

Wisuda Angkatan 2020

Dalam perjalanannya, IDCamp telah berlangsung sejak tahun 2019 dan dalam periode tersebut telah melahirkan figur keren di bidang industri digital kreatif. Pada IDCamp Virtual Summit 2021, dilangsungkan prosesi kelulusan peserta angkatan 2020.

Dipimpin oleh Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha, prosesi graduation ini diwakili oleh 10 lulusan terbaik dari IDCamp 2020 yang hadir baik secara online maupun langsung di studio. Kesepuluh peserta terbaik serta lulusan IDCamp 2020 lainnya pun telah siap buat terjun langsung di industri kreatif digital.

Launching Ceremony IDCamp 2021

Dilangsungkannya prosesi kelulusan bagi peserta IDCamp 2020 menjadi gerbang pembukan menuju IDCamp 2021. Pada kesempatan ini pula IDCamp 2021 secara resmi dibuka yang dipimpin oleh Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha, Director & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo Arief Musta’in, serta , Director & Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo Irsyad Sahroni.

Selain ketiga figur penting yang menginisiasi launching ini, hadir pula SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Steve Saerang yang menjelaskan alasan hadirnya IDCamp 2021. Menurutnya, industri digital yang ada di Indonesia bahkan dunia membutuhkan sosok yang bisa menjadi problem solver atas segala macam jenis masalah.

“kebutuhan masyarakat serta pasar menuntut pelaku di industri digital kreatif harus menjadi seorang problem solver yang mampu memberikan impact kepada masyarakat. Untuk itulah IDCamp ini hadir dalam memfasilitasi calon programmer dan developer hebat dari seluruh Indonesia,” papar Steve Saerang.

Programmer nggak melulu soal laki-laki, perempuan pun juga bisa menjadi seorang developer program yang hebat. Hal ini dibuktikan dengan jumlah peserta IDCamp perempuan yang mencapai 23% dari 64 ribu orang.

Sesi Bincang-Bincang dengan Para Pakar

Nggak cuma graduation dan launching saja, IDCamp Virtual Summit 2021 juga diisi dengan talkshow tentang industri digital kreatif bareng pembicara keren. Beberapa tokoh keren seperti CEO 8Villages Sanny Gaddafi, Chief Technology Officer DANA Indonesia Norman Sasono, CEO Dicoding Indonesia Narenda Wicaksono, serta perwakilan dari Indoesat Ooredoo yaitu Director & Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo Irsyad Sahroni dan SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Steve Saerang turut ambil bagian dalam sesi talkshow ini.

Dalam diskusi ini, bertemulah satu benang merah yang mengatakan jika seorang programmer perlu memiliki mindset yang bagus dalam dirinya. Bahkan CEO Dicoding Indonesia Narenda Wicaksono menjelaskan jika kesempatan buat menjadi digital developer di Indonesia sangat besar nggak cuma dari laki-laki tapi juga perempuan.

“akses menjadi seorang developer dan programmer ini sanget besar. Kuncinya ada 3 hal yang perlu diperhatikan, yaitu motivasi, kesabaran, serta rasa ingin tahu yang tinggi,” tutur Narenda.

Kemampuan memecahkan masalah secara tepat juga menjadi poin utama agar bisa menjadi seorang programmer yang hebat. Hal ini masing-masing disampaikan oleh Steve Saerang dan Irsyad Sahroni.

“pengembangan ide dimulai dari bagaimana kita menyelesaikan sebuah masalah. Ketika kita berhasil menjadi problem solver yang baik, maka kemampuan development dari program yang dijalankan akan maksimal pula,” terang Steve Saerang.

Irsyad Sahroni juga menambahkan betapa pentingnya pola pikir visioner serta kemampuan memecahkan masalah bagi seorang programmer. Dibutuhkan pemahaman yang baik mulai dari hal teknis hingga ke pasar.

“yang paling penting adalah kamu bisa menciptakan sebuah solusi bahkan ketika orang lain belum menyadari hal itu sebagai masalah,” imbuh Irsyad Sahroni.

Indosat Ooredoo berkomitmen untuk menghasilkan programmer di Indonesia demi terpenuhinya sektor indsutri digital yang saat ini membutuhkan sekitar 9 juta program developer dalam 5 tahun ke depan. Lewat IDCamp yang saat ini memasuki tahun ketiga, harapan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki perkembangan teknologi mengglobal semakin terbuka lebar dengan lahirnya sosok kreatif dan intuitif di bidang digital kreatif.

Yuk, saatnya asah skill dan jadi bagian dari IDCamp 2021! Pendaftaran beasiswa bisa dilakukan mulai 7 Mei - 21 Juli 2021. Kalau sudah berhasil terdaftar, kamu bisa langsung memulai pelatihan tingkat dasar dan pemula secara online sampai dengan 28 Juli 2021. Khusus pelatihan online tingkat menengah hingga profesional akan digelar pada 4 Agustus 2021 - 11 Mei 2022.

Jadi, sudah siap mengasah skill bersama IDCamp? Yuk, segera daftarkan diri lewat situs idcamp.indosatooredoo.com. Dapatkan juga informasi terbaru tentang IDCamp lewat Instagram @idcamp, Facebook IDCamp Indosat Ooredoo dan Twitter @idcamp_indosat. Selamat bergabung!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading