Sukses

Lifestyle

Didukung Kemenparekraf, IDCamp Jadi Wadah Mempersiapkan Developer Muda Andal Bersertifikat Global

Fimela.com, Jakarta Seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan teknologi digital di masa pandemi, Indonesia memang perlu mempersiapkan strategi agar sektor ekonomi dan bisnis tetap bertahan menghadapi kondisi apapun. Kebutuhan talenta digital dengan sertifikat yang diakui secara global jadi hal yang penting demi mendorong percepatan pemanfaatan teknologi digital di tanah air.

Menjawab kebutuhan digital di masa depan, Indosat Ooredoo kembali meluncurkan Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) 2021 yang membagikan puluhan ribu beasiswa belajar coding secara daring secara gratis dan inklusif. Program keren ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, lho.

Dukungan Penuh untuk Misi IDCamp 2021

Dalam sambutan yang diberikan pada event IDCamp Virtual Summit 2021 yang diselenggarakan Jumat (07/05/2021) lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno menyampaikan dukungan dan apresiasinya terhadap langkah yang diambil Indosat Ooredoo.

“Berbagai lowongan pekerjaan pada bidang programmer atau developer semakin mendominasi situs pencari kerja. Diperkirakan pada 2025 akan ada lebih dari 6 juta potensi lapangan pekerjaan dari industri digital. Saat ini berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah, swasta, asosiasi, dan komunitas untuk memenuhi kebutuhan talenta digital Indonesia. Satu semangat dengan Kemenparekraf sebagai salah satu upaya untuk mencetak talenta digital pada bidang programming yang berdaya saing di tingkat global, Indosat Ooredoo sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia diharapkan dapat mengambil peran mencetak para talenta digital di Indonesia yang siap bersaing secara global,” ungkap Sandiaga.

Animo Luar Biasa dan Mendukung Pertumbuhan Developer Perempuan

IDCamp 2021 dirancang dengan kurikulum pelatihan yang menyesuaikan dengan kebutuhan industri global. Jadi, materi yang didapatkan para peserta nggak hanya dibutuhkan di industri yang ada di tanah air saja, tapi juga siap bersaing dengan sertifikat global. IDCamp menjadi wadah untuk 'menggodok' talenta muda di bidang digital, seperti developer mobile application, front-end, back-end, dan machine learning.

Antusiasme generasi muda menyambut IDCamp ini juga luar biasa banget. Dalam 2 tahun pertama diselenggarakan program ini, IDCamp berhasil melampaui target peserta. Dari target awal sebanyak 10ribu peserta per tahun, kini tercatat sudah ada 64.710 peserta yang mengikuti kelas pelatihan IDCamp secara daring di tahun 2019 dan 2020. IDCamp pun mendukung pertumbuhan developer perempuan, yaitu sebanyak 22,9% dari total peserta dan 1.318 merupakan developer dengan disabilitas.

President Director and CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, mengatakan, “Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Indosat Ooredoo selalu berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam membangkitkan perekonomian nasional melalui pemanfaatan teknologi terbaru dan penguasaan keterampilan bahasa masa depan. Untuk menjawab tantangan itu, kami kembali meluncurkan IDCamp sebagai salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan di pilar Pendidikan Digital. Kami percaya lulusan IDCamp akan menguasai hard skill coding berstandar global yang ditunjang dengan soft skill etos kerja yang sangat dibutuhkan dalam berkarir di industri digital saat ini.”

Sertifikat Global dengan 5 Level Keahlian

Minat yang ditunjukkan generasi muda di tanah air terhadap beasiswa pelatihan dari Indosat Ooredoo ini membuat IDCamp terus melakukan evaluasi dan inovasi untuk memberikan materi pelatihan yang relevan. Di tahun 2021 ini, IDCamp kembali hadir dengan tambahan 2 alur belajar developer dan 1 kelas khusus Augmented Reality (AR) Creator. Di akhir pelatihan, para peserta akan mendapatkan sertifikat global dengan 5 level keahlian mulai dari tingkat dasar, pemula, menengah, ahli, dan profesional di 7 bidang pemrograman. Mulai dari Android, Front-End Web, iOS, Machine Learning, Back-End, Multi Apps Platform hingga AR Creator.

Nggak hanya menggunakan pelatihan daring, tahun ini IDCamp juga akan hadir dengan beasiswa belajar coding khusus lewat program pelatihan tatap muka secara virtual. Program khusus ini akan diberikan untuk guru SMA/SMK dan developer dengan disabilitas terpilih yang akan diajarkan materi pemrograman Front-End Web oleh sang master yang sudah dibekali dengan sertifikat developer tingkat ahli.

“Banyak dari lulusan IDCamp yang bisa langsung merasakan manfat dari beasiswa ini. Salah satunya adalah lebih percaya diri dalam melamar pekerjaan dengan bermodalkan sertifikat keahlian yang mereka miliki. Kami percaya bahwa para lulusan IDCamp nantinya dapat menjadi talenta-talenta muda digital terbaik Indonesia yang siap bersaing secara global,” pungkas Ahmad.

Yuk, saatnya asah skill dan jadi bagian dari IDCamp 2021! Pendaftaran beasiswa bisa dilakukan mulai 7 Mei - 21 Juli 2021. Kalau sudah berhasil terdaftar, kamu bisa langsung memulai pelatihan tingkat dasar dan pemula secara online sampai dengan 28 Juli 2021. Khusus pelatihan online tingkat menengah hingga profesional akan digelar pada 4 Agustus 2021 - 11 Mei 2022.

Segera daftarkan diri lewat situs idcamp.indosatooredoo.com. Temukan informasi terbaru yang bisa didapatkan lewat Instagram @idcamp, Facebook IDCamp Indosat Ooredoo dan Twitter @idcamp_indosat. Selamat mengasah skill bersama IDCamp!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading