Sukses

Lifestyle

Pasien COVID-19 Bisa Telekonsultasi Gratis Saat Jalani Isolasi Mandiri

Fimela.com, Jakarta Melihat perkembangan penyebaran COVID-19 di Indonesia, pemerintah pun telah menetapkan status siaga darurat. Dibutuhkan langkah nyata yang dapat mendukung dan memfasilitasi masyarakat yang terpapar COVID-19.

Saat ini fasilitas layanan kesehatan sangat diperlukan oleh pasien COVID-19. Namun keterbatasan fasilitas dan tenaga kesehatan, mengharuskan pasien COVID-19 tanpa gejala atau memiliki gejala ringan menjalani isolasi mandiri di rumah.

Mendukung program pemerintah dalam menanggulangi COVID-19, Alodokter menyediakan layanan kesehatan berupa pendampingan melalui telekonsultasi dengan dokter pribadi secara gratis bagi pasien COVID-19. Program ini dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan untuk menyediakan layanan telekonsultasi dokter dan paket obat isolasi mandiri gratis bagi pasien COVID-19.

Layanan kesehatan berupa pendampingan telekonsultasi dokter pribadi gratis dan paket obat Isoman Kemenkes RI bertujuan untuk membantu pasien COVID-19 mendapatkan pengobatan yang tepat tanpa harus pergi ke rumah sakit, karena hanya akan meningkatkan risiko penularan.

 

Diberikan dukungan mental

Layanan ini juga memberikan dukungan mental dan bimbingan media yang intensif sehingga pasien bisa merasa lebih tenang dan berpikir positif. Dokter pribadi yang tergabung terdiri dari tim dokter terpercaya yang siap memantau kondisi pasien sepanjang hari selama masa isolasi yang dilalui pasien.

Saat ini, program pemberian paket obat isoman gratis dari Kemenkes hanya berlaku bagi pasien COVID-19 tanpa gejala dan gejala ringan di wilayah DKI Jakarta yang menerima notifikasi WhatsApp resmi Kemenkes RI. Sebelumnya, pasien harus mengisi formulir yang terdapat di aplikasi Alodokter. Jika memenuhi ketentuan, akan menerima notifikasi melalui WhatsApp untuk selanjutnyan berkonsultasi dengan dokter.

 

Dukung upaya pemerintah

“Besar harapan kami program kolaborasi ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat yang terdampak COVID-19 dan mereka yang menjalani isolasi mandiri. Alodokter terus berupaya dalam memberikan pendampingan, edukasi, dan layanan kesehatan kepada masyarakat serta mendukung pemerintah dalam penanggulangan COVID-19. Bersama kita bisa melalui masa sulit ini,” ungkap Suci Arumsari selaku Co- Founder dan Director Alodokter.

Integrasi dan koordinasi antara Kemenkes dan Alodokter masih terus berjalan berdasarkan panduan yang ditetapkan oleh Kemenkes.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading