Sukses

Lifestyle

Studi Membuktikan, Anak yang Dididik Terlalu Keras Rentan Jadi Pembohong

Fimela.com, Jakarta Tumbuh besar dalam keluarga yang berbeda-beda pasti memberikan pengaruh yang berbeda pula terhadap setiap anak terutama dalam hal membentuk kepribadian maupun perilakunya. Orangtua sendiri pasti memiliki cara yang berbeda dalam hal mendisiplinkan anak. Ada tipe yang keras dan ada juga yang santai.

Bersyukurlah jika kamu memiliki orangtua yang santai ladies, karena ternyata mendidik anak dengan cara yang terlalu disiplin dan keras justru berdampak buruk kepada anak.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Child Development tahun 2011 menemukan bahwa mendisiplinkan anak terlalu ketat dapat menyebabkan anak memiliki kebiasaan berbohong dan membuat mereka menjadi pribadi yang tidak jujur.

Anak bohong karena sikap keras orangtua

Penelitian ini dilakukan pada anak-anak yang berusia 3-4 tahun ini mencoba menganalisis apakah ketegasan orang tua memengaruhi kejujuran anak-anak. Peneliti Victoria Talwar dan Kang Lee melibatkan anak-anak berusia 3-4 tahun dari dua sekolah berbeda untuk berpartisipasi. Aturan kedisiplinan yang diberlakukan di dua sekolah tersebut juga berbeda, yang satunya keras dan satunya lunak.

Para orangtua juga ditanya apa yang akan mereka lakukan jika mengetahui anak berbohong. Kebanyakan orang tua mengindikasikan bahwa mereka akan menggunakan hukuman fisik ringan seperti menampar, mencubit, atau memukul pantat.

Anak-anak melalui serangakian uji kebohongan. Hasilnya, sekitar 80% anak-anak yang mengikuti tes ini mengintip mainan tersebut tapi hampir semua anak dari sekolah dengan aturan ketat ternyata berbohong. Tidak hanya itu, mereka juga berusaha menyembunyikan dan menutupi fakta bahwa mereka berbohong.

Perilaku tidak jujur pada anak-anak ini jelas dapat dipupuk sebagai akibat dari lingkungan kedisiplinan dan hukuman yang keras oleh orang dewasa. Secara alami anak akan takut dan berusaha "menyelamatkan dirinya" dengan cara berbohong.

Jadi, alangkah sebaiknya jika mengevalusasi lagi cara mendidik anak ya Moms. Jangan sampai anak jadi pembohong karena kita terlalu keras kepada mereka.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading