Sukses

Lifestyle

Deretan Negara yang Donasikan Vaksin COVID-19 ke Indonesia, Ada Amerika Serikat dan Inggris

Fimela.com, Jakarta Di tengah lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi di Indonesia. Rencana Amerika serikat untuk menyumbang 3 juta dosis vaksin Moderna ke Indonesia menjadi angin segar.

Kabar ini disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informasi, Dedy Permadi dalam konfrensi pers harian PPKM Darurat, Jumat (09/07/2021). “Dalam dua hari lagi, kita akan mendapatkan kiriman 3 juta dosis vaksin Moderna dari Amerika Serikat,” kata Dedy.

Diketahui, vaksin COVID-19 Moderna dari Amerika Serikat ini akan diberikan untuk para tenaga kesehatan sebagai dosis ketiga atau booster mulai pekan depan.

Sebelumnya Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, Jake Sullivan menyatakan AS akan memberikan 4 juta dosis vaksin Moderna ke Indonesia dalam waktu dekat.

Dalam panggilan telepon dengan Menteri Luar Neger Retno Marsudi, Sullivan mengatakan  donasi itu menggarisbawahi dukungan Amerika Serikat untuk rakyat Indonesia dalam memerangi lonjakan kasus COVID-19. Adapun empat juta dosis tersebut, kata Sullivan, akan dikirimkan ke Indonesia lewat COVAX.  

Negara penyumbang vaksin COVID-19 lainnya

Selain Amerika Serikat, negara yang akan mengirimkan vaksin ke Indonesia adalah Belanda. Retno Marsudi mengatakan Belanda akan mengirimkan tiga juta dosis vaksin beserta obat-obatan terapi. Namun, jenis vaksin dan obat-obatan yang diberikan belum disampaikan.

Lebih lanjut, Retno Marsudi mengatakan negara Jepang juga akan menyumbangkan vaksin ke Indonesia. Pengapalan pertama sudah sampai di Indonesia, sementara pengapalan kedua akan menyusul dalam waktu dekat.

Negara tetangga Australia juga berjanji akan mengirimkan 2,5 juta dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca ke Indonesia tahun ini, yang diambil dari pasokan domestik Australia. Pemerintah Negeri Kanguru juga segera mengirimkan 1.000 ventilator, 700 konsentrator oksigen, 170 tabung oksigen, dan 40.000 alat tes COVID-19.

Selain Amerika Serikat, Belanda, Australia, dan Jepang, Inggris pun kabarnya ingin mengirimkan donasi vaksin ke Indonesia. Namun belum diketahui besaran dan kapan pengiriman akan dilakukan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan dengan adanya bantuan dari negara lain, target vaksinasi COVID-19 untuk 181,5 juta penduduk bisa tercapai. Sampai akhir tahun, setidaknya ada 441 juta dosis vaksin yang akan tiba.

 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Kemendikbudristek Jelaskan Kesalahapahaman Soal Klaster COVID-19 di PTM Terbatas
Artikel Selanjutnya
Tips Menjaga Kesehatan Anak agar Terhindar COVID-19 Varian Delta