Sukses

Lifestyle

6 Manfaat Makan Tempe, dan Keunggulannya untuk Kurangi Risiko Terpapar Covid-19

Fimela.com, Jakarta Tempe adalah makanan khas Indonesia. dengan bahan dasar kacang kedelai yang difermentasi. Makanan tradisional ini juga sangat terjangkau, mudah ditemukan dan bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Di Indonesia sendiri, tempe seperti makanan pokok, di mana dijadikan lauk pauk sehari-hari yang disukai banyak orang. 

Rupanya, tempe juga kaya akan nutrisi baik seperti seperti protein tinggi, dan rendah kandungan lemak. Bukan itu saja, tempe juga mengandung kalsium, fosfor, thiamin, vitamin B12, serta retinol yang jumlahnya jauh lebih tinggi ketimbang daging sapi. Tempe juga mengandung karbohidrat, serat, riboflavin, niasin, asam pantotenat, piridoksin, dan biotin yang tidak ada dalam daging sapi.

Lalu, apa saja manfaat tempe lainnya untuk tubuh, dan apakah benar tempe bisa mengurangi risiko terpapar Covid-19

Sumber Protein yang Baik

Tempe memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari pada daging sapi. Karena hal tersebut, tempe kerap kali dijadikan sebagai makanan pengganti daging. Banyak sekali vegetarian atau vegan yang lebih memilih tempe untuk memenuhi kebutuhan proteinnya. Setiap 100 gram tempe mengandung 20 gram protein.

Jumlah ini mampu memenuhi kebutuhan protein harian mencapai 34 persen bagi orang dewasa. Selain berfungsi untuk menjaga jaringan otot, protein berfungsi untuk menghasilkan enzim proteolitik yang mampu memecah rantai protein, sehingga dapat diserap oleh tubuh.

Mengandung Antioksidan Tinggi

Selanjutnya, tempe berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh yang mampu menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh, hingga menjadi penyebab kanker. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya kandungan isoflavon dan nutrisi lain dalam tempe. Peran tempe sebagai antioksidan terbukti lebih ampuh jika disandingkan dengan kedelai rebus biasa.

Sumber Kalsium yang Baik

Manfaat tempe selanjutnya adalah sebagai sumber kalsium dalam tubuh. Jika berbicara tentang sumber kalsium, orang akan mengingat susu. Faktanya, tempe dapat dijadikan sumber kalsium yang baik, tidak jauh berbeda dengan susu. Setiap 100 gram susu, mengandung 125 miligram kalsium, sedangkan setiap 100 gram tempe, mengandung 155 miligram kalsium.

Memenuhi Kebutuhan Vitamin B12

Manfaat tempe selanjutnya adalah memenuhi kebutuhan vitamin B12, terutama bagi para penganut vegan. Vitamin B12 memiliki segudang manfaat baik, seperti menghasilkan sel darah merah, membantu proses sintesis DNA, mengaktifkan asam folat, menjaga kesehatan sistem saraf dalam tubuh, serta fungsi otak. Tempe merupakan satu-satunya sumber vitamin B12 yang berasal dari tumbuhan.

Aman untuk Pengidap Diabetes

Tempe aman dikonsumsi para pengidap diabetes. Pengidap kondisi ini tidak mudah untuk memilih menu makanan guna mencegah naiknya kadar gula darah. Tempe mengandung isoflavon dan serat yang mampu mengontrol kestabilan gula darah, serta memperbaiki resistensi insulin dalam tubuh. Selain baik dikonsumsi para pengidap diabetes, tempe juga dapat membantu menurunkan risiko diabetes.

Menuruni risiko paparan Covid-19

Indonesia Tempe Movement mengatakan bahwa tempe memiliki hubungan dengan COVID-19. Tempe diklaim dapat membantu terhindar dari parahnya efek COVID-19.

Hal tersebut diungkap oleh Food Technologist Dr. Driando Ahnan-Winarno yang juga merupakan bagian dari Indonesia Tempe Movement. Dr. Driando telah membuktikan lewat beberapa penelitian.

"Jadi ini hubungan berdasarkan penelitian yang terpisah yang saya gabungkan. Pada dasarnya seberapa kita mudah terkena COVID-19 dan seberapa parah efeknya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor,"

tempe terbukti secara ilmiah kaya akan serat, antioksidan dan lemak sehat. Karenanya tempe diklaim dapat memperkuat sistem imun tubuh, sehingga mengurangi risiko terpapar COVID-19.

Namun, perlu ditekankan bahwa tempa bukan obat COVID-19, melainkan bisa menjadi bagian dari diet sehat untuk memperkuat sistem imun tubuh, sehingga berpotensi mengurangi kemungkinan terinfeksi COVID-19 secara parah dan meninggalkan efek permanen.

 

 

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading