Sukses

Lifestyle

Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat

Fimela.com, Jakarta Susu kental manis, Mendengar kata itu apa sih yang pertama kali terlintas dalam pikiran? Bagi para foodies, mungkin langsung terbayang berbagai kreasi olahan dari susu kental manis yang lezat, misalnya saja variasi menu sarapan yang bisa bikin makin semangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Biarpun sering dikonsumsi, menjadi topping makanan favorit, tapi belum banyak yang mengetahui fakta yang ada di balik produk susu kental manis. Tahukah kamu kalau susu kental manis ternyata mengalami perjalanan panjang sejak pertama kali ditemukan hingga sekarang menjadi pelengkap hidangan favoritmu?

 

Baca juga:

 

Sejarah Panjang Susu Kental Manis

Susu kental manis memang sering dikonsumsi sehari-hari, tapi mungkin banyak yang belum mengetahui sejarah panjang dari produk susu kental manis . Dimulai dari awal abad ke-19, saat menghadapi masalah susu yang gampang rusak dan harus segera dikonsumsi. Untungnya, Nicholas Appert dari Perancis berhasil menemukan solusi dengan membuat susu kental yang cukup awet disimpan dalam botol. Penemuan ini disempurnakan oleh Gail Borden Jr dari AS yang mematenkan teknik penggunaan tekanan rendah untuk menguapkan susu.

Proses pembuatannya semakin sempurna, berkat Charles Page yang mendirikan perusahaan Anglo-Swiss Condensed Milk di Swiss pada tahun 1866. Bukan hanya memanaskan susu sapi segar, tapi juga menambahkan gula ke dalamnya sebagai pengawet alami dan bikin rasanya semakin lezat.

 

Baca juga:

 

Cara Memilih Susu Kental Manis

Bukan hanya serbaguna, produk susu kental manis banyak digemari karena mudah disimpan dalam berbagai pilihan kemasan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Harganya pun cukup terjangkau dan bisa dibeli di mana saja.

Tapi, jangan lupa untuk terus memperhatikan beberapa aspek penting saat memilihnya, misalnya dengan memilih susu kental manis dengan label full cream. Tersedia dalam kemasan kaleng, pouch, maupun sachet, sesuaikan dengan kebutuhan dan kemudahan dalam menyimpannya.

 

Baca juga:

 

Selain itu, cermati kondisi kemasannya misalnya untuk kaleng pilih yang masih utuh. Begitu juga dengan kemasan pouch atau sachet, pilih yang tertutup rapat dan tidak menggembung, sebagai tanda kualitas dan cita rasanya tetap terjaga. Saat dibuka, perhatikan juga aromanya yang khas dan teksturnya yang kental.

Cek kembali informasi pada label untuk melihat tanggal kedaluwarsa maupun izin edar produk yang dikeluarkan oleh BPOM. Tak ketinggalan, ketahuilah bahwa berdasarkan pada nilai AKG (Angka Kecukupan Gizi) dengan rata-rata kebutuhan energi untuk dewasa sebesar 2,150kkal. Sedangkan Kental Manis Frisian Flag Gold tersedia 130 kkal per sasetnya. Tak sulit kok untuk memahami jumlah takaran saji dalam satu kemasan dan berapa banyak yang boleh dikonsumsi untuk sekali penyajian.

Soal memilih merk susu kental manis, jangan ragu memilih produk dari Frisian Flag. Hadir di Indonesia sejak 100 tahun yang lalu, kental manis Frisian Flag menghadirkan produk terbaik untuk mendukung kesehatan. Mengandung protein, lemak, dan karbohidrat, Kental Manis Frisian Flag Gold yang diolah dari susu sapi segar berkualitas dan juga mengandung 9 vitamin (Vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6, B12 dan C) dan 5 mineral (Kalsium, Fosfor, Selenium, Mangan dan Yodium).

Sebagai pelengkap sajian, susu kental manis aman dikonsumsi selama sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam label kemasan. Selain itu, BPOM pun mendorong masyarakat untuk lebih cermat membaca label produk agar mendapatkan informasi yang tepat dan benar.

Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Cocok Untuk Kreasi Sarapan

Biar lebih semangat menjalani hari, ibu di rumah bisa memberikan berbagai mood booster untuk keluarganya. Salah satunya lewat kreasi menu sarapan yang nggak biasa, lezat sekaligus mudah diolah di rumah. Misalnya berkreasi dengan berbagai varian Susu Kental Manis Frisian Flag Gold.

1. Ropang Pisang

Ropang alias roti panggang lagi jadi menu sarapan yang banyak dikreasikan di media sosial nih. Kamu juga bisa bereksperimen dengan menu yang satu ini memanfaatkan Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold yang menjadi satu-satunya susu kental manis yang menyajikan 3 gram protein dalam segelas susunya.

Bahan:

  • 4 lembar roti tawar
  • 1 buah pisang
  • 2 sdm selai kacang
  • 2 sdm Frisian Flag Kental Manis Full Cream Gold
  • 2 sdm mentega

Cara Membuat:

  1. Siapkan roti tawar, lalu potong pisang.
  2. Olesi roti tawar dengan selai kacang, tambahkan pisang.
  3. Tambahkan Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold.
  4. Oles sisi luar roti dengan mentega.
  5. Panggang roti hingga matang di kedua sisi
  6. Potong roti sesuai selera, sajikan.

2. Bubur Sumsum Hangat

Beberapa daerah di Indonesia menyukai sarapan dengan bubur sumsum yang disajikan hangat. Tambahkan Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold yang nikmat untuk dilarutkan bersama bahan-bahan lainnya. Disiram dengan gula merah, jadikan Bubur Sumsum legendaris lebih creamy dan gurih.

Bahan:

  • 300 ml air
  • 70 gr tepung beras
  • 50 ml Frisian Flag Kental Manis Full Cream Gold
  • 1/2 sdt garam
  • 400 ml santan
  • 1 lembar daun pandan daun pandan

Bahan Saus Gula Merah:

  • 100 gr gula merah
  • 150 ml air
  • 150 Frisian Flag Kental Manis Full Cream Gold
  • 1 lembar daun pandan

Cara Memasak:

  1. Larutkan air dengan Frisian Flag Full Cream Gold
  2. Campur tepung beras, dengan santan, garam
  3. Tambahkan larutan susu
  4. Masak hingga mengental sambil diaduk
  5. Masak gula merah, pandan, dan air
  6. Tambahkan Frisian Flag Full Cream Gold
  7. Sajikan bubur sumsum dengan saus gula merah

3. Roti Gulung Mantul

Bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja? Kreasikan saja Susu Kental Manis Frisian Flag Gold jadi roti gulung mantul yang pastinya bisa menjadi menu sarapan lezat dan sehat.

Bahan:

  • 5 Lembar roti tawar
  • 75gr krim keju
  • 50ml Frisian Flag Kental Manis Full Cream Gold
  • 1 butir telur
  • 80 gr tepung roti
  • 3 sdm mentega
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat:

  1. Campurkan krim keju, garam dalam mangkuk
  2. Tambahkan Frisian Flag Kental Manis Full Cream Gold yang nikmat
  3. Potong pinggir roti, pipihkanIsi roti dengan krim keju, lalu gulung
  4. Kocok telur, celupkan roti ke dalamnya
  5. Celupkan roti ke dalam tepung roti
  6. Lelehkan mentega, goreng roti hingga kuning keemasan

Gunakan berbagai variasi susu kental manis Frisian Flag Gold ini untuk menambah kenikmatan kreasi sarapan favorit keluarga. Cara paling mudah, tuangkan sebagai topping di berbagai menu sarapan seperti roti panggang, hingga variasi bubur tradisional. Susu kental manis juga cocok ditambahkan ke dalam adonan kue atau berbagai menu minuman klasik maupun yang tengah viral. Siap mencobanya? (eth)

 

Baca juga:

 

What's On Fimela
Loading