Sukses

Lifestyle

11 Kuliner Indonesia Unik dengan Nama Berulang yang Bikin Nagih

Fimela.com, Jakarta Indonesia punya banyak sekali makanan enak yang punya berbagai macam nama unik, salah satunya adalah makanan dengan nama berulang. Entah bagaimana asal-usulnya, namun sepertinya orang Indonesia suka sekali membuat nama makanan dengan kata berulang, seperti beberapa contoh makanan berikut ini.

1. Onde-Onde

Onde-onde adalah jajanan tradisional manis yang dibuat dari tepung ketan dan diisi dengan kacang hijau. Ciri khasnya adalah bentuk bulat dan tampilan wijen merata di luar.

2. Otak-otak

Otak-otak adalah makanan berbahan utama ikan tenggiri yang dicampurkan dengan tepung dan berbagai macam bumbu. Otak-otak dibungkus daun pisang dan bisa disajikan dengan cara digoreng atau dibakar.

3. Arem-arem

Arem-arem sekilas mirip lemper namun dikukus dulu sebelum dimakan. Terdiri dari nasi dengan isian daging atau oseng tempe, bisa jadi sarapan mengenyangkan lho.

4. Gado-gado

Dengan bahan utama sayuran, gado-gado menjadi salah satu menu sehat dan cocok untuk diet. Bahan-bahannya cukup direbus dan dimakan dengan saus kacang.

5. Urap-urap

Olahan makanan sayuran rebus ini sangat khas dengan bumbu urap yang terbuat dari kelapa parut yang sudah dibumbui.

6. Kolang-kaling

Kolang-kaling adalah buah dari salah satu jenis pohon palem. Teksturnya kenyal dan biasanya, dibuat campuran es buah atau minuman segar lainnya.

7. Bala-bala

Di daerah lain mungkin biasa disebut bakwan sayur goreng, tapi orang Sunda sering menyebut bala-bala di mana kata 'bala' berarti berantakan.

8. Ongol-ongol

Ongol-ongol memiliki rasa yang manis sedikit gurih karena taburan kelapa parut, cocok dijadikan sebagai camilan. Makanan ringan ini punya tekstur kenyal dan enak.

9. Orem-orem

Ada arem-arem, ada juga orem-orem. Sayuran bersantan dengan bahan dasar tempe goreng, ayam dan santan ini makanan khas dari Malang yang sangat gurih.

10. Gore-gore

Pernah dengan makanan bernama gore-gore? Makanan khas Sulawesi ini terbuat dari daging dan ubi goreng. Biasanya dijadikan lauk makan dan rasanya juga enak.

11. Pia-pia

Di daerah lain mungkin disebut bakwan udang, tapi di Semarang, Jawa Tengah disebut pia-pia. Rasanya yang renyah gurih asin ini bikin nagih.

Itu dia sekian nama makanan Indonesia berulang yang unik dan pastinya punya cita rasa enak dan menggugah selera. Kira-kira kamu teringat makanan lain yang namanya juga berulang, Sahabat Fimela?

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading