Sukses

Lifestyle

Kerasnya Hidup Menguatkanmu, 5 Tanda Ada Jiwa Perempuan Tangguh dalam Dirimu

Fimela.com, Jakarta Kehidupan ini akan selalu dipenuhi dengan berbagai macam ujian, cobaan, dan masalah. Bahkan dalam titik tertentu atau fase tertentu dalam hidup, kita akan dihadapkan pada permasalahan yang bertubi-tubi, datang silih berganti. Meski hidup kadang terasa begitu kejam padamu, tapi ketika kita mencoba untuk melihat lebih dalam lagi kita akan menyadari bahwa kerasnya hidup bisa makin menguatkan kita.

Kita semua bisa menjadi perempuan tangguh. Masing-masing dari kita punya potensi menjadi perempuan yang kuat dan tegar. Tinggal bagaimana kita menyadari itu dan memaksimalkan kelebihan yang kita punya. Bahkan mungkin kita tak menyadari bahwa sebenarnya ada jiwa perempuan tangguh dalam diri kita.

1. Bisa Menciptakan Kebahagiaan Sendiri

A strong woman doesn’t let the emotions or unkind words of others pull her down. You know that you’re in charge of your own happiness. The strength in self-determining something like happiness is insurmountable. - entitymag

Kita menyadari bahwa  kita tak bisa selalu menggantungkan diri kita kepada orang lain. Tak bisa selalu menunggu orang lain untuk bisa membuat kita bahagia. Justru diri kita sendirilah yang bertanggung jawab atas kebahagiaan kita. Saat kita sudah bisa menciptakan kebahagiaan kita sendiri, meski itu mungkin kebahagiaan yang sederhana, maka itu sudah bisa jadi bekal awal untuk bisa mengatasi berbagai persoalan hidup yang menghadang. 

2. Tidak Mudah Menyalahkan Keadaan atau Orang Lain

“Women are like teabags. We don’t know our true strength until we are in hot water.” – Eleanor Roosevelt

Sungguhlah mudah untuk menyalahkan keadaan atau orang lain saat kita ditimpa sebuah persoalan. Namun, perempuan tangguh takkan menjadikan keadaan atau orang lain sebagai alasan untuk menyerah hadapi sebuah persoalan. Justru dia akan menghadapi dan mengatasinya dengan semua usaha terbaik yang bisa dilakukan. Sebab ada keyakinan dalam diri bahwa setiap persoalan yang berhasil dihadapi akan membuat hati jadi lebih kuat.

3. Mencintai Diri Sendiri dengan Sebaik-baiknya Upaya

“Life is too short to waste any amount of time on wondering what other people think about you. In the first place, if they had better things going on in their lives, they wouldn't have the time to sit around and talk about you. What's important to me is not others' opinions of me, but what's important to me is my opinion of myself.”― C. JoyBell C.

Mencintai diri sendiri bukanlah tindakan egois. Justru mencintai diri sendiri merupakan langkah awal untuk mencintai kehidupan. Saat kita sudah mencintai diri kita dengan baik, maka kita akan lebih mudah berbagi cinta dan mencintai orang lain serta kehidupan kita. Selain itu, dengan menyayangi diri sendiri, kita pun akan terus termotivasi untuk meningkatkan kemampuan diri sebaik-baiknya dan menjadi pribadi yang lebih bermanfaat untuk lebih banyak orang.

4. Tidak Mudah Berlarut-larut dalam Kesedihan

“Life has knocked me down a few times, it showed me things I never wanted to see. I experienced sadness and failures. But one thing for sure, I always get up.”

Bukan berarti kita tak boleh bersedih atau menangis. Justru izinkan dirimu menangis dan bersedih saat ada hal yang membuatmu tak nyaman. Hanya saja jangan sampai berlarut-larut di dalamnya. Setelah dirimu sudah cukup pulih, kamu bisa kembali berdiri dan melangkah ke depan. Keputusan dan pilihan untuk senantiasa bangkit dari situasi yang sempat membuatmu terjatuh adalah sebuah tanda kamu perempuan yang tangguh.

5. Mampu Bertanggung Jawab atas Pilihan Hidup yang Dibuat

“One of the greatest regrets in life is being what others would want you to be, rather than being yourself.”― Shannon L. Alder

Hidup ini terdiri dari serangkaian pilihan. Tentu saja kita tak bisa memiliki segalanya dan mengambil semua pilihan. Namun, kita bisa membuat pilihan, dan bertanggung jawab atas setiap pilihan yang kita buat itu. Dari sini kita akan lebih lapang dada menerima kenyataan yang mungkin tak sesuai dengan harapan. Serta, lebih banyak bersyukur saat mendapat kejutan-kejutan kecil dalam hidup.

Jadi, apakah ada tanda-tanda di atas dalam dirimu? Semoga kerasnya hidup tak membuatmu putus asa, ya.

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Alasan Merawat Diri Bisa Membuatmu jadi Perempuan yang Lebih Bahagia
Artikel Selanjutnya
5 Hal yang Terjadi saat Tetap Menebar Kebaikan meski Gaji Pas-pasan