Sukses

Lifestyle

Belajar Online Masih Jalan Terus, 5 Hal Ini Bisa Jadi Pendongkrak Semangat Sekolah di Rumah

Fimela.com, Jakarta Belajar online masih terus berlangsung, lantaran kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum reda sepenuhnya. Hal ini pun membuat beberapa pelajar, nggak bisa dipungkiri mungkin mulai merasa bosan. Meski boleh dibilang juga sudah mulai beradaptasi dengan kebiasaan belajar dari rumah, nyatanya masih ada kerinduan pada suasana belajar langsung di sekolah.

Mulai kangen dengan situasi belajar di kelas, bertemu dengan teman-teman, hingga bertegur sapa para guru favorit. Biar tetap semangat menjalani belajar di rumah, 5 hal ini bisa dijadikan mood booster lho.

Awali Hari dengan Olahraga Buat Meningkatkan Mood

Kalau biasanya harus berjalan kaki untuk sampai ke sekolah dan aktif bergerak saat sedang jam istirahat, belajar di rumah bikin kamu lebih banyak duduk di depan gadget. Biar nggak gampang jenuh saat mengikuti pelajaran online, selipkan waktu untuk berolahraga ringan.

Mulai dari jalan santai di sekitar rumah, stretching, hingga yoga di rumah, berbagai gerakan sederhana ini membantu melepaskan dopamine, serotonin, endorfin, dan adrenalin. Hormon yang dihasilkan otak ini membantumu tetap happy selama belajar di rumah.

Sedia Menu Camilan Favorit

Kalau konsentrasi dirasa mulai menurun, saatnya ambil break dan menikmati camilan favorit. jangan memilih kudapan berat yang tinggi gula atau karbohidrat karena rentan bikin ngantuk. Pilih menu yang segar seperti puding dengan topping buah, hingga granola bar yang kaya nutrisi sehat. Selain makanan yang manis, buat yang doyan gurih dan renyah boleh saja menikmati keripik kentang atau sayur, tapi batasi konsumsinya agar jangan terlalu berlebihan.

Video Call dengan Teman Saat Jam Istirahat

Kalau dulu di sekolah sering dipakai bertemu dan ngobrol dengan teman di jam istirahat, kamu masih tetap bisa melakukan aktivitas yang sama, kok. Bedanya, chit-chat dilakukan secara online alias melakukan video call.

Luangkan waktu di sela-sela mengerjakan tugas atau selesai mengikuti pembelajaran secara online. Kesempatan ini bisa digunakan untuk membahas materi atau tugas yang dirasa kesulitan, bisa juga membicarakan topik lain seperti judul drakor yang lagi diitonton hingga kuliner yang lagi viral untuk dipesan secara online.

Temani dengan Lagu yang Bisa Membangkitkan Semangat

Walau belajar di rumah, terkadang sulit untuk berkonsentrasi untuk mengikuti pelajaran atau mengerjakan tugas, apalagi suasana yang cukup bising. Alunan musik dapat membantumu belajar lebih tenang, bahkan terbukti membantu mengurangi stres.

Uniknya, bagi yang rentan menderita kecemasan dan stres, Universitas Cambridge menunjukkan hasil penelitian jika musik rap atau hip-hop memberi efek yang bikin mood lebih happy dan kembali bersemangat. Sedangkan yang butuh konsentrasi tingkat tinggi bisa memilih musik klasik atau musik K-Pop yang ngebeat untuk tampil percaya diri saat harus mempresentasikan tugas.

Beri Reward Pada Diri Sendiri

Siapa sih yang nggak ingin dihargai atau mendapatkan reward setelah berusaha keras? Biar tetap semangat, nggak ada salahnya menghadiahi diri sendiri misalnya dengan menikmati makanan atau minuman favorit, membeli barang yang selama ini diincar usai mendapatkan nilai memuaskan, hingga memiliki me-time di akhir pekan.

Untungnya meski masih berada di tengah situasi yang penuh keterbatasan, kelima hal di atas tetap bisa dilakukan secara online dan pastinya dengan dukungan layanan internet yang berkualitas.

Untuk mendukung kelancaran belajar di rumah, Indosat Ooredoo menghadirkan Prime dari IM3 Ooredoo Propaid yang memberikan kebebasan buat pengguna untuk bisa menentukan cara berlangganan, mau membayar di awal atau di belakang. Nggak Cuma itu aja, kamu juga dapat menikmati langsung berbagai keuntungan eksklusif seperti kuota hingga 150GB dengan Data Rollover, jaringan prioritas, gratis nelpon ke sesama dan semua operator hingga 300 menit, hingga layanan prioritas pelanggan.

Melakukan aktivitas online di rumah untuk mood booster juga bisa dilakukan tanpa perlu khawatir, karena Prime dari IM3 Ooredoo Propaid memberikan bebas akses ke banyak aplikasi populer, diantaranya :

  • Media sosial & e-commerce: Facebook, Instagram, Twitter, Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak.
  • Komunikasi: WhatsApp, WeChat, Skype, Line, Zoom.
  • Musik & Video: YouTube, Vidio, Viu, TikTok, Spotify, Joox.
  • Pendidikan: Ruang Guru, Sekolahmu, Google Suite, Office 365, Rumah Belajar, Kelas Pintar, Zenius, Google Classroom.
  • Gratis berlangganan Amazon Prime Video.

See? Meskipun belajar online masih jalan terus hingga kini, tetap ada hal selalu bikin semangat. Seperti IM3 Ooredoo yang memberikan banyak akses menarik buat memudahkanmu selama belajar di rumah saja. (eth)

What's On Fimela
Loading