Sukses

Lifestyle

5 Tips Memperpanjang Usia Bunga Hidup di Rumah

Fimela.com, Jakarta Bagi pecinta bunga, tidak ada yang lebih mencerahkan rumah, selain rangkaian bunga hidup yang indah. Tapi, seperti yang kamu tahu bahwa masa bunga hidup tidak lama, sebelum layu dan harus dibuang.

Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang usia bunga hidup di rumah, seperti dilansir dari huffpost.com. Penasaran?

1. Taruh di dalam air

Ini adalah cara yang paling jelas. Semakin cepat kamu meletakkan bunga di dalam air, akan semakin baik.

Bunga menyukai air, jadi sediakan vas yang berisi air untuk menjaga batang bunga tetap terendam di dalam air. Atau jika kamu baru saja membelinya, segera masukkan batang bunga ke dalam air segar dan hangat.

Kamu juga harus secara konsisten mengganti air setiap 2 atau 3 hari sekali. Ini akan mencegah air membangun bakteri dan menyebarkannya ke bunga.

2. Rawat juga airnya

Kamu juga bisa mengolah air dengan pengawet bunga. Kamu bisa mencampurkan 1 liter air dengan 2 sendok makan perasan lemon, 1 sendok makan gula, dan setengah sendok teh pemutih.

Mengapa? Karena gula adalah makanan bunga, sedangkan pemutih akan menjauhkan bakteri dari bunga, dan yang terpenting memperpanjang usia bunga itu sendiri. Bersihkan vas bunga secara menyeluruh untuk menghilangkan buih dan bakteri.

 

3. Potong batang bunga secara rutin

Saat kamu memasukkan bunga ke dalam air, potong batangnya dengan sudut 45 derajat sekitar 1 atau 2 inci dari bawah. Jika tidak, batang tidak bisa minum. Pastikan juga untuk menghilangkan daun yang mungkin berada di batang bawah, karena daun bisa menampung bakteri.

4. Tempatkan di area yang sejuk dan kering

Di mana kamu menempatkan vas bunga juga dapat memengaruhi berapa lama usia bunga. Pastikan vas diletakkan di area yang sejuk dan kering dari sinar matahari langsung.

Panas tinggi dan sinar matahari adalah cara tercepat untuk membuat bunga layu. Perhatikan saluran panasnya, jendela yang cerah, dan sumber panas lainnya saat memilih lokasi untuk meletakkan vas bunga.

5. Pisahkan bunga

Jika kamu membeli bunga, hal pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan tali atau pita dari pangkal bunga. Saat bunga kehabisan air, pangkal batang bisa tersumbat dan tidak memungkinkan air mengalir ke seluruh bunga.

Kamu bisa memisahkan bunga berdasarkan jenisnya dan tempatkan di beberapa vas. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Anti Gagal, Ini Cara Tepat Mengetahui Ukuran Baju dari Tinggi Badan
Artikel Selanjutnya
3 Cara Ampuh Mencintai Diri Sendiri