Sukses

Lifestyle

15 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik dengan Tema Kisah Cinta Romantis

Fimela.com, Jakarta Novel adalah sebuah karya sastra berbentuk prosa yang menceritakan suatu cerita dengan narasi panjang berbentuk fiksi maupun non fiksi. Penggemar novel pastinya tahu berbagai genre menarik di dalam setiap bacaan dan terkadang membuat hati ikut tersentuh pada setiap kalimat yang tertuang.

Novel bergenre romantis diburu penggemar karena ceritanya yang menjadi cerminan kisah cinta pada umumnya. Mulai dari tokoh, karakteristik, hingga alur cerita menjadi salah satu bagian terpenting dalam membuat novel romantis. Struktur premis yang baik juga ditulis penulis guna membuat novel kian menarik untuk dibaca.

Novel remaja bergenre romantis juga bisa menjadi sarana imajinasi yang manis bagi remaja dan pastinya genre ini juga cocok untuk kamu yang sedang ingin merasakan sensasi kisah cinta epik. Tentunya novel bergenre romantis bisa menjadi bacaan yang tepat untuk melengkapi waktu me time!

Tunggu apalagi, berikut Fimela.com akan membagikan rekomendasi novel remaja terbaik dengan tema kisah cinta romantis. Dilansir dari Brilio.net, simak semua rekomendasinya di bawah ini. 

1. I Remember You

Novel ini berkisah mengenai dua tokoh (Dea dan Aurelie) yang menjadi tokoh utama. Novel ini menceritakan kehidupan cinta maupun pribadi mereka yang pada akhirnya mereka berdua dipertemukan pada satu waktu di mana masa lalu Dea adalah Aurelie yang ia kenal.

Sinopsis novel ini sangatlah singkat berbeda dengan novel romantis Indonesia lainnya, yaitu "Kau datang meminta sisa rasa yang ada, meraih tanganku, menatapku dengan isyarat yang tulus, berjanji bahwa ini akan menjadi selamanya. Tak ada alasanku untuk menolaknya. Namun apakah kata-kata ini masih bisa ku jadikan pegangan?"

2. Sebuah Usaha Melupakan

Sebuah Usaha Melupakan yang dirilis pada 2016 merupakan karangan novel romantis yang ditulis oleh Boy Chandra. Novel ini bercerita tentang seseorang yang berusaha melupakan orang yang dicintainya karena mencintai dalam kesendirian bukanlah cinta yang wajar.

Di dalam novel tersebut mengajarkan mengenai kisah cinta yang luas yang ditulis oleh penulis. Pada tiap laman, novel diisikan oleh beragam konflik cinta, patah hati, kehilangan, hingga jatuh cinta. Novel ini merupakan suatu karya non-fiksi yang cocok untuk dijadikan koleksi.

3. Imajinatta

"Natta suka dan gampang banget ngelamun alias berimajinasi. Dan hobinya itu jelas berguna. Gimana nggak, sementara di alam nyata Natta belum kenal secara resmi sama Ditto, di alam khayalan Ditto selengket lem super glue." Penggalan sinopsis novel romantis ini semakin diburu pembaca karena keunikan alur tokoh sesuai dengan orang-orang yang tengah di dimabuk asmara.

Ditulis oleh Mia Arsjad dan dirilis pada tahun 2008, novel ini memiliki genre kisah cinta remaja. Kelebihan novel ini adalah penulis menuangkan gaya bahasa sehari-hari sehingga mudah untuk ditafsir oleh sebagian orang yang menyukai kalimat singkat untuk dibaca.

4. Dear Nathan

Dear Nathan merupakan novel yang dirilis pada tahun 2016 dan menjadi salah satu novel best seller bergenre romance yang menceritakan tentang kisah cinta antara Salma dan Nathan yang memiliki latar belakang berbeda, namun pada akhirnya saling melengkapi. Uniknya, novel ini tidak hanya menceritakan dua tokoh tetapi rasa kekeluargaan juga tercipta di dalam alur cerita novel ini.

5. Mencintai Untuk Patah Hati

Novel ini bercerita tentang tokoh utama dengan sudut pandang "aku" yang mencintai seseorang yang sama tetapi berujung luka. Dalam tiap laman bab novel dimuat penuh oleh kalimat lugas berbentuk kutipan dan puisi singkat.

Salah satu kutipan yang penulis suka terdapat pada halaman tujuh belas (17). "Bila lusa adalah waktu di mana aku akan bertemu denganmu. Maka kemarin adalah hari di mana aku enggan memejam dan membiarkan esok berlalu. Sebab ternyata, bertemu denganmu hanya akan memberikan kesempatan untuk aku terluka."

6. Jingga dan Senja

Jingga dan Senja adalah novel yang menceritakan tentang kisah cinta remaja, yang bernama Tari dan Ari. Pertemuan Tari dan Ari ini seperti takdir, walaupun hubungan yang dijalani sangat rumit. Dalam hubungan Tari dan Ari, ada Angga yang juga menyukai Tari dan merupakan musuh bebuyutan Ari.

Dalam novel ini terdapat banyak pesan moral yang disisipkan oleh penulis. Novel ini menggunakan gaya penulisan yang mudah untuk dipahami para remaja, dan ceritanya tidak membosankan.

 

7. Sunshine Becomes You

Sunshine Becomes You adalah novel romantis, yang diadaptasi menjadi film layar lebar. Dalam novel ini menceritakan tentang Alex yang bertemu dengan Mia. Saat itu, Mia terjatuh dan membuat tangan Alex cidera, sehingga Alex tidak bisa melakukan konser piano.

Mia merasa sangat bersalah dan ingin bertanggung jawab. Akhirnya Mia menawarkan diri untuk menjadi pembantu di rumah Alex. Awalnya Alex bersikap sangat dingin kepada Mia, hingga akhirnya Alex memiliki perasaan kepada Mia.

8. Beauty and The Best

Apa jadinya bila seorang yang paling cantik di sekolah harus bersaing dengan salah satu anak yang paling pintar di sekolah. Nah itulah kisah dari Beauty and The Best. Ira salah satau siswi yang paling cantik dan Ira siswi paling pintar.

Kelly memberi tantangan pada Ira untuk melawannya di UAS, jika Ira mendapatkan nilai tinggi maka Kelly akan menuruti semua perintahnya dan sebaliknya. Ira tentu mecari cara agar dapat melawan Kelly, namun ia mendekati Aldo salah satu siswa terpintar di sekolah yang ternyata adalah sepupu dari Ira sendiri. Lantas apakah Aldo mau membantu Ira untuk melawan Kelly di UAS?

9. Septihan

Novel ini salah satu karya Poppi Pertiwi, yaitu Septihan. Bercerita tentang Septian dan Jihan. Septian merupakan salah satu murid paling pintar disekolahannya. Ia juga selalu mendapatkan prestasi, seperti menang banyak perlombaan.

Sedangkan Jihan salah satu perempuan paling cantik dan aktif diantara teman-temannya. Ternyata Jihan sudah lama menyukai Septian. Mereka bertemu di SMA Ganesha, saat kelas 12 ia mulai bisa mengenal Septian yang pendiam dan misterius. Namun akankah Jihan menyatakan perasaannya kepada Septian?

10. Teluk Alaska

Alister Reygan, cowok yang selalu menjadi idaman para perempuan. Tak hanya itu ia juga memiliki geng yang disebut dengan “Penguasa Sekolah”. Namun nasib sial menimpak temen sekelasnya. Ia selalu menjadi salah satu objek bullying oleh gengnya.

Alister sebagai ketua yang selalu berucap kasar pada Anastasia Mysha yang selalu ia bully. Sampai suatu saat ia berhenti berucap kata-kata kasar dan tatapan kebencian itu menghilang. Hal ini dikarenakan rahasia besar yang membuat hidupnya hancur seketika.

11. Remedy

Novel ini menceritakan kedua orang teman yang menginspirasi untuk memiliki kebahagiaan dengan cara masing-masing. Navin Naufal yang ingin memulai hidup barunya dengan identitas baru. Akan tetapi Tania salah satu temannya yang mengetahui identitas asli Naufal.

Ternyata Tania juga menyimpan rahasia yang tak kalah besarnya. Hal ini terjadi karena mereka memiliki masa lalu yang menyeramkan yaitu menjadi korban perundungan. Tentu membuatnya trauma untuk mengawali kehidupannya. Novel ini tentu memberi pengertian bahwa kita juga perlu bangkit dari keterpurukan masa lalu.

12. Tengah Hari Di Yenisehir

Novel yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang memang menyukai cerita-cerita klasik Turki. Menariknya, karya sastra Turki klasik modern ini pernah berhasil memenangkan penghargaan Orhan Kemal Award tahun 1974. 

Kisah dalam novel ini dimulai dan diakhiri dengan runtuhnya pohon poplar di pusat Kota Ankara. Dimulai dari kisah penjaga toko dan kekasihnya, mantan guru bertangan besi, pengusaha yang menyedihkan, pegawai bank, mahasiswa idealis, tukang sepatu gipsi, hingga penjaga apartemen yang tertekan oleh hidupnya.

Sevgi Soysal membangun cerita perjuangan antara generasi tua yang puas dengan Turki pasca-Ottoman baru dan yang terusik oleh perubahan yang dicari dan dibawa oleh generasi muda yang memberontak dengan potret Turki di era 1960-an. Para tokoh yang mewakili berbagai kelas bersentuhan sekilas dan memicu rantai cerita yang asyik untuk dibaca dengan bumbu romantisme dan politik yang terjalin dalam pertanyaan tentang makna kesetiaan. 

13. Si Anak Kuat

“Kau anak paling kuat di keluarga ini, Amel. Itu benar sekali. Bukan kuat secara fisik, tapi kuat dari dalam. Kau adalah anak yang paling teguh hatinya, paling kokoh dengan pemahaman baik.”

Si Anak Kuat merupakan novel karya penulis ternama, Tere Liye yang banyak disukai oleh para pembaca. Novel ini menceritakan sosok Amelia sebagai anak yang memiliki mimpi-mimpi hebat untuk kampung tercintanya. 

Dalam novel ini, dikisahkan masa kecil Amel yang begitu seru, memiliki kedua orang tua yang menanamkan nilai-nilai yang baik tentang kehidupan dan nilai-nilai agama. Amel dan keluarganya tinggal di sebuah lembah, yang terletak di perkampungan yang sangat indah.

Dalam keluarganya, Amelia dikenal sebagai ‘Si Anak Kuat.’ Bukan kuat karena otot, melainkan pemahaman terhadap nilai kehidupan dibanding Kakak-Kakaknya. Ia sangat peduli terhadap kepentingan keluarga, orang-orang yang disayanginya, juga orang lain.

14. Hujan

Tere Liye merupakan seorang penulis yang populer di tanah air. Karya-karyanya selalu masuk kategori best seller, termasuk salah satunya berjudul “Hujan.” 

Novel menceritakan tentang Esok dan Lail yang memerankan tokoh utama. Keduanya dipertemukan pasca gunung meletus di tahun 2042. Sedangkan, tokoh pendampingnya ada Maryam yang menjadi sahabat Lail, wali kota beserta istrinya, Claudia, Elijah, ibunya Lail, ibu penjaga asrama dan ibunya Esok.

Dilansir dari goodreads.com, novel ini mendapatkan banyak ulasan dari para pembacanya. Beberapa pembaca menyayangkan cara penulis dalam mengarahkan jalan cerita karena menurut kritik, seharusnya penulis bisa mengeksplorasi lebih dalam kehebatan teknologi dalam novel tersebut. 

15. The Supernumerary Project

The Supernumerary Project merupakan novel bergenre comedy-romance yang terbit pada tahun 2020. Novel ini mengisahkan tentang The Chosen One, yaitu sebuah program reality show dating. Sebagai penullis novel, Aranindy berhasil membalut sebuah cerita yang membuat para pembacanya tertawa geli sebab tingkah dan berbagai aksi konyol yang dilakukan oleh para tokoh didalam novelnya.

Jika dikaitkan dengan kehidupan nyata, maka program yang diceritakan dalam novel nampaknya mirip dengan dunia pertelevisian di Indonesia, semacam acara yang memerlukan rating. Semakin tinggi rating yang diperoleh maka semakin banyak keuntungan yang didapat, kemudian semakin banyak drama maka semakin banyak pula para penontonnya. 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
9 Arti MImpi Bertemu Ular Berdasarkan Warna yang Sering Bikin Penasaran
Artikel Selanjutnya
7 Arti Mimpi Jatuh dari Tebing Tinggi yang Mengejutkan, Begini Maknanya