Sukses

Lifestyle

20 Rekomendasi Novel Best Seller Tahun 2020 yang Seru untuk Dibaca

Fimela.com, Jakarta Membaca novel bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan karena sembari membaca, kita bisa berimajinasi dengan jalan cerita yang ada pada novel. Tidak hanya itu saja, kamu pun bisa mendapatkan banyak sudut pandang baru dan tambahan kosa kata agar wawasanmu semakin kaya. 

Perkembangan novel tidak lekang oleh waktu karena setiap tahunnya pasti saja ada terbitan buku-buku baru dengan jalan cerita yang tidak kalah seru dan menarik dari yang sebelumnya. Berita baiknya, perkembangan teknologi membuatmu bisa membaca novel lewat perangkat elektronik yang kamu miliki. 

Selain itu, beberapa buku novel dengan alur cerita yang unik dan inspiratif bahkan bisa menjadi bahan bacaan yang banyak dibeli atau istilahnya 'best seller'. Tentunya kamu perlu tahu novel mana saja yang menjadi best seller dan masuk dalam daftar bacaanmu. 

Untuk itu, berikut Fimela.com akan membagikan 10Misteri Terakhir #1 - S. Mara Gd. rekomendasi novel best seller tahun 2020 yang seru untuk dibaca. Dilansir dari beragam sumber, simak semua rekomendasinya di bawah ini. 

Kumpulan Novel Best Seller dengan Alur Cerita yang Menarik

1. Selena - Tere Liye

Novel berjudul 'Selena' karya Tere Liye ini bercerita tentang masa muda Selena yang nantinya akan menjadi guru matematika kesayangan Raib, Seli, dan Ali di dunia Klan Bumi. Novel ini cocok untuk kamu yang sebelumnya sudah mengikuti serial 'Bumi' sebelumnya. Hal ini karena novel Selena akan menjelaskan beberapa hal yang menjadi pertanyaan pembaca pada seri Bumi sebelumnya.

Memang tidak semuanya dapat terjawab dengan gamblang, tapi hal inilah yang dapat membuat para pembaca penasaran membaca seri berikutnya, yaitu Nebula.

2. Nebula - Tere Liye

Novel ini merupakan karya terbaru Tere Liye yang merupakan spin-off dari seri Bumi. Selena dan Nebula sebaiknya kamu baca berurutan supaya kamu dapat memahami alurnya dengan jelas dan tidak membuatmu kebingungan. 

Nebula adalah pelengkap puzzle dari kisah masa lalu Selena. Masih melanjutkan kisah antara Selena dengan sahabat-sahabatnya di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi yaitu Mata dan Tazk, dan petualangan mereka di klan Nebula.

3. Misteri Terakhir #1 - S. Mara Gd.

Novel yang satu ini cocok untuk para penggemar karya-karya Agatha Christie. Buku ini merupakan seri pertama dari trilogi Misteri Terakhir. Misteri Terakhir adalah novel karya S. Mara Gd, yang berkisah tentang rangkaian misteri pembunuhan yang diusut Kapten Polisi Kosasih & Gozali.

4. After the Funeral (Setelah Pemakaman) - Agatha Christie

Hercule Poirot, sang detektif ternama dalam novel Agatha Christie, kembali melanjutkan petualangannya dalam buku ini.

Kasus dimulai ketika Cora Lansquenet ditemukan terbunuh dengan sebuah kapak. Beberapa hari kemudian, ada yang mengirim sepotong kue pengantin yang telah dicelup arsenik kepada teman serumah Cora.

5. MetroPop: Ganjil Genap - Almira Bastari

Ganjil Genap menceritakan betapa pahitnya kisah asmara Gala, yang sudah menjalani hubungan yang serius selama 13 tahun, namun diputuskan begitu saja di sebuah parkiran mobil.

Trauma kisah cintanya membuat Gala merasa mudah khawatir karena hal itu membuatnya susah mendapat pasangan. Lalu bagaimana kelanjutan ceritanya ? Temukan jawabannya dengan membaca novelnya, ya!

Kumpulan Novel Best Seller dengan Tema Cerita yang Unik

6. Tokyo dan Perayaan Kesedihan - Ruth Priscilia Angelina

Novel Tokyo dan Perayaan Kesedihan ini akan memberikan pengalaman membaca yang benar-benar membuat sedih dan cukup gelap. Beberapa pertanyaan tentang makna kehidupan dalam novel ini sangat relate dengan kehidupan nyata.

7. Segi Tiga - Sapardi Djoko Damono

Segi Tiga merupakan karya terbaru Sapardi Djoko Damono yang bercerita mengenai betapa ganas dan ruwetnya cinta pertama. Novel ini tidak hanya menceritakan bagaimana rumitnya hubungan di antara tokoh-tokohnya, namun konflik di antara mereka dan Juru Dongeng yang misterius juga tertulis dalam buku ini.

8. Ibuk - Iwan Setyawan

Novel yang satu ini merupakan karya Iwan Setyawan yang menceritakan sosok ibuk bernama Tinah. Tinah telah hidup berkeluarga dan memiliki lima orang anak dalam kondisi keterbatasan.

Banyak permasalahan hidup yang ia rasakan. Pembaca diajak larut dalam perjuangan Ibuk yang rela berjuang dan banting tulang demi menghidupi kelima anaknya.

9. Laut Bercerita - Leila S. Chudori

Meski novel ini adalah fiksi, Laut Bercerita menunjukkan kepada pembacanya bahwa negeri ini pernah memasuki masa pemerintahan yang kelam. Suara aktivis dibatasi, serta diberantas habis.

Novel terbagi menjadi dua bagian. Menceritakan sosok Laut Biru, bagian pertama menunjukkan segala kepedihan dan ketakutan sebagai aktivis.

Bagian kedua bercerita mengenai sosok keluarga yang kehilangan saudara. Perjalanan panjang yang sampai sekarang tidak pernah terlihat titik terangnya.

10. Defending Jacob - William Landay

Novel ini cocok untuk kamu yang menyukai cerita novel bergenre misteri. Defending Jacob bercerita tentang asisten jaksa wilayah yang dihormati bernama Andy Barber. Ia hidup bahagia bersama Laurie, istrinya, dan juga Jacob, anaknya.

Hidup keluarga ini berubah drastis ketika sebuah kasus pembunuhan terjadi di dekat rumah mereka. Jacob dituduh sebagai pembunuh.

Naluri Andy sebagai ayah tentu sangat besar untuk membela putranya. Namun saat persidangan berlangsung, terkuak sebuah fakta yang disembunyikan Andy. Seketika kasus ini pun menjadi rumit. Simak kelanjutan konfliknya dengan membaca novelnya. 

 

 

Kumpulan Novel Best Seller yang Seru Dibaca

11. The Perfect World of Miwako Sumida - Clarissa Goenawan

The Perfect World of Miwako Sumida adalah buku kedua yang ditulis Clarissa Goenawan. Novel ini menceritakan tentang Miwako Sumida, seorang mahasiswa yang melakukan bunuh diri. Kematian Miwako ini penuh dengan misteri. Karena kematian yang mendadak ini, meninggalkan trauma bagi orang terdekatnya, yaitu Ryusei, Fumi dan Chie. Novel ini mengangkat genre realisme magis, yang membuat pembacanya penasaran dan penuh ketegangan.

12. Catatan Harian Menantu Sinting - Rosi L. Simamora

Catatan Harian Menantu Sinting adalah sebuah novel karya Rosi L. Simamora. Novel ini cocok dibaca untuk orang yang baru saja menikah. Karena novel ini menceritakan tentang drama antara menantu dan mertua. Cerita yang tertulis dalam novel ini, bisa membuat pembaca tertawa dan ceritanya relate dengan kehidupan nyata. Dalam novel ini, penulis juga menyelipkan beberapa tips untuk pembaca, agar kuat menghadapi mertua yang cerewet.

13. Shine - Jessica Jung

Shine adalah novel yang menceritakan tentang perjuangan Rachel Kim. Rachel adalah perempuan asal Amerika, yang menjadi trainee di sebuah agensi besar yang berada di Korea. Novel ini ditulis oleh mantan anggota girlband populer asal Korea Selatan, yaitu Jessica Jung dari Girls' Generation. Dalam novel ini banyak menceritakan tentang perjuangan seorang idol dan sisi gelap dari dunia K-Pop.

14. Midnight Sun - Stephenie Meyer

Midnight Sun adalah sebuah buku karya Stephenie Meyer, yang menceritakan tentang sudut pandang Edward Cullen, yang masih berhubungan dengan kisah novel dan film Twilight Saga. Dalam novel Midnight Sun, terdapat detail masa lalu Edward yang belum terungkap, termasuk perang batinnya saat ia jatuh cinta kepada Bella.

15. Diary of a Murderer (Catatan Harian Sang Pembunuh) - Kim Young Ha

Diary of a Murderer atau Catatan Harian Seorang Pembunuh adalah novel yang penuh ketegangan. Novel karya Kim Young Ha ini, menceritakan tentang pembunuh berantai bernama Kim Byeong Su yang berumur 70tahun. Karena ia menderita penyakit dementia dan kehilangan ingatannya, maka sebelum ia kehilangan semua ingatannya, ia menulis diary dan mencatat semua yang masih teringat. Termasuk ingatannya membunuh kekasih putrinya.

Kumpulan Novel Best Seller yang Ringan untuk di Baca

16. Cewek - Esti Kinasih

Novel satu ini sangat direkomendasikan untuk pembaca remaja. Memiliki alur cerita yang sangat ringan dan erat serta berkaitan dengan kehidupan sehari-hari kita. Mereka bersahabat memiliki pasangan yang pecinta alam dan saat malam minggu tetap ngejomblo.

Langen, Fani, dan Febi yang memiliki kepribadian berbeda. Apesnya mereka berpacaran dengan laki-laki yang suka mendaki. Hal ini tentu membuat mereka jarang mengeluarkan waktu bersama, seperti langen yang selalu ada masalah, fani yang terpaksan dan febi yang selalu nyaman dengan pasangannya.

17. Jingga dan Senja – Esti Kinasih

Tari dan Ari, dua remaja yang dipertemukan oleh takdir. Selain memiliki nama yang mirip, mereka juga lahir di waktu matahari terbenam. Namun takdir mempertemukan mereka dalam suasana “yang tidak baik”.

 Demi balas dendam masa lalu, Angga musuh bebuyutan Ari merebut Tari darinya. Ari yang tidak peduli dengan Tari tiba-tiba berusaha mendapatkan Tari dengan segala cara.

18. Ganjil Genap – Almira Bastari

Jika kamu salah satu orang yang galau karena belum menikah, buku ini mungkin bisa menjadi bacaan yang tepat. Gala, tokoh utama dalam Ganjil Genap mengalami putus cinta setelah berpacaran 13 tahu lamanya. Hal ini tentu membuat ia berfikir bahwa takdir tidak berpihak kepadanya, pada hari yang sama adiknya memutuskan untuk berniat untuk buru-buru menikah. Buku ini juga mengisahkan pencarian pasangan hidup yang dialami oleh Gala dan tiga sahabatnya.

19. Convenience Store Woman – Murata Sayaka

Convenience Store Woman atau Gadis minimarket ini memiliki cerita tentang Keiko. Seluruh dunia menuntutnya untuk menjadi “normal”, akan tetapi ia tidak tahu apa yang dimaksud dengan “normal”. Semua bermula ketika ia mulai bekerja di supermarket.

Keiko yang merasa terlahir kembali dengan identitas barunya sebagai pegawai minimarket, merawa bahwa dirinya terancam dipisahkan dari dunia yang selama ini ia dicintai.

20. Looking For Alaska – John Green

Selanjutnya novel rekomendasi selanjutnya bercerita tentang pergulatan seseorang yang berusaha keluar dari zona nyaman dan menantang dunia di luar. Selain itu ia mengibaratkan dirinya berada di sebuah labirin yang rumit.

Mencoba mencari jalan keluar, justru ia berpura-pura bahwa labirin tersebut tidak ada dan mencoba untuk membangun “rumah” sendiri di suatu sudut. Ternyata hal tersebut membawanya kepada kesepian.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading