Sukses

Lifestyle

3 Cara Mudah Menghindari Diri dari Ujaran Kebencian dan Bullying di Instagram

Fimela.com, Jakarta Perilaku ujaran kebencian dan bullying terus meningkat di media sosial. Hal ini menyebabkan pengguna menjadi merasa tidak aman dan nyaman dalam menggunakan media sosial.

Instagram sendiri menjadi media sosial yang memastikan penggunanya tetap merasa aman dari ujaran kebencian dan bullying. Sebagai langkah nyata, Instagram akan menghapus konten terkait dan memblokir akun yang menyebarkan ujaran kebencian dan bullying.

Selain itu, Instagram juga mengembangkan fitur di dalamnya untuk memudahkan pengguna menjauhkan diri dari perilaku ujaran kebencian dan bullying. Fitur apa sajakah itu?

1. Limits

Untuk membantu melindungi pengguna ketika mengalami atau mengantisipasi lonjakan komentar dan DM yang tidak diinginkan, ada yang namanya fitur Batas (Limits) yang sangat mudah untuk diaktifkan. Fitur ini akan secara otomatis menyembunyikan komentar dan permintaan DM dari akun yang tidak mengikuti akun Instagram kamu, atau akun yang baru saja mengikuti Anda.

Fitur ini dikembangkan karena banyak kreator dan figur publik terkadang mengalami lonjakan komentar dan permintaan DM secara tiba-tiba dari akun yang tidak mereka kenal. Batas (Limits) akan tersedia untuk seluruh pengguna Instagram secara global. Kamu dapat membuka pengaturan privasi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini.

 

2. Melawan ujaran kebencian di DM

Untuk membantu melindungi para pengguna dari ujaran kebencian di permintaan DM mereka, ada fitur Kata yang Disembunyikan (Hidden Words) yang memungkinkan pengguna secara otomatis menyaring kata, frasa, dan emoji yang menyinggung ke dalam folder Hidden Bar.

3. Bekerja sama dengan organisasi terkait

Instagram berharap fitur-fitur yang baru diluncurkan ini dapat semakin melindungi pengguna dari konten yangtidak diinginkan, seperti konten-konten yang bersifat rasis, seksis, homofobik, maupun konten ujarankebencian lainnya. Instagram juga akan terus bekerja sama dengan organisasi-organisasi yang berfokus pada keadilan dan kesetaraan ras. Hal ini menjadi upaya untuk mendidik dan membantu membasmi kebencian. Komitmen kami tidak akan berhenti di sini dan Instagram akan terus membagikan informasi terbaru seputar perkembangan-perkembangan.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Cyberbullying pada Remaja di Media Sosial Semakin Marak, Kenali Tanda-Tanda dan Cara Penanganannya Menurut Psikolog