Sukses

Lifestyle

Cara Sederhana Orang Cerdas Mengatakan tidak di Tempat Kerja

Fimela.com, Jakarta Meminta apa yang diinginkan di tempat kerja adalah keterampilan penting untuk pertumbuhan karier orang cerdas. Sama halnya dengan mengungkapkan apa yang tidak kamu inginkan.

Kata tidak sebenarnya bisa melindungi waktu, energi, dan fokus bagi orang cerdas. Kebanyakan orang merasa mereka perlu mengatakannya lebih sering, tapi bingung bagaimana cara menyampaikan yang tepat.

Orang cerdas biasanya memiliki metode tersendiri untuk mengatakan tidak di tempat kerja dan metode ini disebut Hourglass. Dalam metode Hourglass, ada jeda strategis atau pertimbangan yang tepat sebelum kamu merespon sesuatu, seperti dilansir dari cnbc.com.

Jika kamu mendapatkan permintaan lewat email, teks, atau seseorang muncul di hadapanmu, mintalah sedikit waktu. Tuliskan apapun yang ingin kamu katakan di saat itu.

 

Cara orang cerdas mengatakan tidak di tempat kerja

Berikutnya adalah fase pertimbangan kritis, di mana kamu harus berhenti sejenak untuk memeriksa 3 hal, yaitu motif, sejarah, dan masa depan. Tanyakan pada diri sendiri apakah kamu dengan antusias menerima kesempatan yang diinginkan atau sebaliknya, hanya menyenangkan orang lain, cari kebenaran dari apa yang kamu rasakan.

Tulislah beberapa pemikiran pribadi tentang motifmu, apakah negatif atau positif. Pertimbangkan juga riwayat terbaru tentang pilihan ya atau tidak yang serupa.

Langkah terakhir sebelum merespon adalah mempertimbangkan masa depan. Proyeksikan apakah ya atau tidak akan menguntungkan atau merugikanmu dalam beberapa hari ke depan.

Dengan metode Hourglass, kamu memiliki kesempatan untuk membuat keputusan dan mencatat tanggapan yang sebaiknya dipertimbangkan. Buatlah pilihan, tuliskan, lalu sampaikan dengan keyakinan.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading