Sukses

Lifestyle

7 Tanda Dirimu Mengalami Kesepian

Fimela.com, Jakarta Kesepian adalah perasaan dimana seseorang merasa hampa, tidak bergairah dan merasa tidak diinginkan. Orang yang kesepian biasanya akan menghabiskan lebih banyak waktu sendiri untuk tidur, melihat media sosial atau lebih banyak melamun. Kesepian adalah suatu keadaan mental, namun jika dibiarkan bisa mengakibatkan stres hingga depresi. Seperti yang dilansir dari laman Insider.com, Senin (23/8/2021), berikut 7 tanda seseorang mengalami kesepian.

1. Kurang Tidur

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011 mengaitkan kesepian dengan fragmentasi tidur, yang didefinisikan sebagai "gairah dan bangun yang mengganggu tahap normal dan arsitektur tidur." Dengan kata lain, saat tidak bisa tidur sepanjang malam, dan terus terbangun mungkin itu adalah tanda pasti bahwa dirimu sedang memiliki banyak beban pikiran.

2. Menghabiskan uang untuk sesuatu yang bersifat material

Satu studi terhadap 2.500 orang selama enam tahun menemukan bahwa kesepian menyebabkan orang sering pergi keluar dan membeli barang-barang materi. Jadi, jika tiba-tiba menemukan dirimu terpaku pada harta benda dan berbelanja lebih dari biasanya, mungkin dirimu sedang mengisi kekosongan.

3. Berlama-lama di kamar mandi

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah "Emotion", para peneliti menemukan hubungan antara "kehangatan" fisik dan sosial. Pada dasarnya, jika seseorang merasa dingin secara sosial (alias kesepian), mereka cenderung mencoba mengganti kehangatan emosional dengan kehangatan fisik dengan mandi air panas atau berlama-lama di kamar mandi.

4. Menghabiskan waktu untuk melihat layar

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Texas di Austin menemukan semakin kesepian dan depresi seseorang makan semakin besar kemungkinan mereka menonton TV atau menatap layar ponsel untuk scrolling media sosial untuk mengisi kekosangan pikiran.

5. Sering merasa lelah meski tak banyak beraktivitas

Seorang yang kesepian cenderung memikirkan banyak hal untuk mengisi kekosangan mereka. Aktivitas berpikir mungkin membutuhkan banyak energi, sehingga meskipun seseorang tidak melakukan kegiatan berat selama seharian namu mereka akan diserang kelelahan berlebih.

6. Merasa stres

Menurut Psychology Today, individu yang kesepian melaporkan tingkat stres yang dirasakan lebih tinggi bahkan ketika terkena stres yang sama dengan orang yang tidak kesepian, dan bahkan ketika mereka sedang bersantai. Jika dirimu merasa stres tentang hal-hal kecil, itu bisa jadi kesepian yang meningkatkan kadar hormon stres dan tekanan darah.

7. Menghabiskan waktu dengan orang yang kesepian

Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa kesepian "menyebar melalui proses menular. Dengan kata lain, jika memiliki teman yang merasa kesepian, kemungkinan besar dirimu juga akan mengalami perasaan kesepian. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology, seseorang 52% lebih mungkin merasa kesepian jika berhubungan langsung dengan orang yang kesepian.

Demikianlah beberapa tanda orang yang tengah mengalami kesepian, apakah dirimu pernah merasakannya juga, Sahabat Fimela?

 

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading