Sukses

Lifestyle

5 Cara Membuat Batasan Pribadi yang Sehat

Fimela.com, Jakarta Bagaimana hidupmu akan berubah jika dirimu tidak mampu mempertahankan batasan pribadi? Ini termasuk menghentikan orang untuk melangkahi ruang pribadimu, serta berpegang teguh pada batasan pribadi yang kamu tetapkan untuk diri sendiri nanti.

Batasan pribadi adalah batasan yang kamu tetapkan dalam hal apa yang kamu harapkan dari seseorang dan bagaimana mereka berperilaku terhadap kamu. Mereka menunjukkan apa yang kamu anggap dapat diterima dan tidak dapat diterima dalam perilaku orang lain, terutama dengan seseorang yang dekat denganmu, seperti keluarga, teman, atau pasangan.

Sama seperti hal lain dalam hidup, untuk menjadi ahli dalam mengatur dan merasa nyaman dengan batasan pribadi, kamu harus berlatih. Berikut ini adalah cara yang bisa membantumu untuk memulai membuat batasan pribadi.

1. Identifikasi Batasanmu

Tidak mungkin untuk mulai menetapkan batasan pribadi ketika kamu tidak tahu apa yang kamu butuhkan dari dirimu. Inilah sebabnya mengapa titik awal bagi siapa saja yang merasa membutuhkan lebih banyak/lebih sedikit batasan adalah mengidentifikasi di mana mereka berdiri saat ini.

Setiap orang memiliki titik awal yang berbeda dalam hal batasan pribadi mereka, dan batasan itu pasti akan berubah seiring waktu. Namun, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menemukan titik awal.

2. Tentukan Nilaimu

Salah satu cara terbaik untuk mengidentifikasi apa batasanmu dan bagaimana kamu ingin mereka berubah adalah dengan menentukan apa nilai-nilai dalam hidupmu. Jika kamu menghargai kebebasan dan waktu berpikir, pertimbangkan untuk menempatkan batas yang kuat di sekitar ruang pribadi dan waktu luangmu.

Jika kamu menghargai hal-hal kecil dalam hidup di atas hal-hal besar, mungkin pertimbangkan untuk sedikit melonggarkan batasanmu. Jika kamu menghargai diri sendiri atau ingin mulai menghargai diri sendiri lebih tinggi, mulailah menempatkan batasan yang lebih tegas seputar cara orang berbicara kepadamu dan memperlakukan dirimu. Apa pun nilai pribadi unikmu, batasan pribadi yang kamu tetapkan akan membantumu mempertahankannya.

3. Mulai dengan Hal Sederhana

Seperti yang sudah disinggung, keterampilan apa pun dalam hidup tidak hanya membutuhkan latihan untuk mencapai tingkat yang diinginkan, tetapi juga peninjauan dan pemeliharaan rutin untuk memastikan keterampilan itu tidak hilang. Menetapkan batas-batas pribadi tidak berbeda.

Menetapkan batasan dengan diri sendiri dan rutinitasmu sama pentingnya dengan menetapkan batasan dengan orang lain. Satu-satunya cara untuk memulai dalam kedua hal tersebut adalah dengan memulai dari yang sederhana.

4. Dengarkan Perasaanmu

Jika kamu tidak yakin tentang di mana seharusnya batasan pribadimu, mungkin ada baiknya untuk sesekali memeriksa perasaan dan sensasi di tubuh. Ini biasanya akan memberimu indikasi yang sangat baik.

Tanda-tanda yang harus diwaspadai termasuk peningkatan denyut jantung, berkeringat, sesak di dada atau perut, dan perasaan tidak nyaman lainnya. Tentu saja, hanya karena kamu merasakan sensasi ini tidak berarti kamu harus menutup diri dari dunia, itu tidak akan membantumu dengan cara apa pun.

5. Belajar Mengatakan Tidak

Mungkin batu sandungan terbesar yang dimiliki orang-orang yang berjuang dengan menetapkan batas-batas pribadi adalah bahwa mereka merasa sangat sulit untuk mengatakan tidak. Kamu mungkin merasa tidak mungkin untuk mengatakan tidak pada pertemuan sosial.

Alasan kebanyakan orang menghadapi penolakan untuk mengatakan tidak adalah karena mereka khawatir tentang bagaimana perasaan orang lain. Mungkin sudah waktunya untuk berhenti dan memikirkan perasaanmu untuk sekali.

Menentukan batasan pribadi akan membantumu menjadi pribadi yang bisa mencintai diri sendiri, percaya diri dan yang pasti tidak aka nada orang yang bisa mempermainkanmu sesuka hati.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading