Sukses

Lifestyle

5 Aktivitas Sederhana untuk Melepas Stres saat Nggak Bisa Kemana-mana

Fimela.com, Jakarta Ketika sedang jenuh, stres, dan bosan, biasanya kita ingin keluar rumah. Jalan-jalan mengunjungi tempat baru atau sekadar window shopping bisa cukup efektif untuk melepas stres. Namun, bagaimana jika kita masih belum bisa kemana-mana? Apa yang bisa dilakukan untuk melepas stres ketika masih di rumah saja?

Ada banyak cara dan aktivitas sederhana yang bisa dilakukan. Bahkan, kadang dengan cara paling sederhana atau mudah, kita bisa menemukan kebahagiaan baru. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melepas stres ketika belum bisa kemana-mana.

1. Menikmati Minuman atau Makanan Favorit di Rumah

Luangkan waktu untuk diri sendiri. Pesan atau buat makanan atau minuman favoritmu di rumah. Nikmati makanan atau minuman itu pada waktu yang paling kamu suka. Dari sini, kita bisa lebih bersyukur. Sebab meski keadaan sedang tidak baik-baik saja, masih bisa menikmati makanan atau minuman favorit bisa menjadi sebuah kemewahan sendiri.

2. Mempercantik Diri dan Penampilan

Masing-masing dari kita punya cara sendiri dalam mempercantik penampilan. Seperti rutin menggunakan produk perawatan kulit untuk menjaga kesehatan kulit, memilih produk rias wajah terbaik untuk tampil lebih cantik, mengenakan pakaian ternyaman dalam menjalani keseharian, dan memilih gaya rambut yang sesuai dengan keinginan. Semua hal itu pun bisa membantu kita untuk merasa lebih nyaman menjadi diri sendiri meski hanya di rumah saja.

 

3. Aktif Menggerakkan Badan atau Kembali Berolahraga

Kapan terakhir kali berolahraga? Yuk, coba gerekkan badan kembali. Olahraga dapat meningkatkan produksi endorfin, yang dikenal dapat membantu menghasilkan perasaan positif dan mengurangi persepsi nyeri. Selain itu, olahraga telah terbukti mengurangi gejala pada orang yang menderita kecemasan. Ini juga dapat membantu mereka menjadi lebih sadar akan kondisi mental mereka dan memperhatikan gangguan dari ketakutan mereka. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah, seperti yoga, indoor walking workout, dan aerobik. 

4. Dapatkan Sinar Matahari Pagi 

Berjemur atau mendapat sinar matahari pagi bisa bantu meningkatkan mood dan bantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak gampang sakit. Momen yang tepat untuk berjemur di bawah paparan sinar matahari adalah pada rentang pukul 9 hingga 11 siang. Pada momen itu, vitamin D akan didapatkan oleh tubuh secara maksimal. Sehingga kamu mampu mendapatkan manfaatnya untuk menjaga tubuh tetap fit melalui peningkatan sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit. Jangan lupa pakai tabir surya 20-30 menit sebelum berjemur, ya.

5. Lakukan Hal Baru atau Buat Sesuatu yang Baru

Melakukan hal baru atau mengerjakan sesuatu yang baru bisa bantu melepas stres. Ketika dilanda rasa bosan, salah satu cara yang bisa dipilih untuk mengatasinya adalah dengan menghadirkan variasi baru dalam rutinitas atau keseharian. Lakukan hal yang kamu suka, apa pun itu bisa sangat membantumu untuk kembali bersemangat.

Yang tak kalah penting adalah tetap jaga kondisi tubuh dan mental dengan sebaik mungkin, ya. Kalau rasa stres yang kamu rasakan sangat intens dan tak kunjung membaik, tak ada salahnya untuk mencari bantuan profesional.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading