Sukses

Lifestyle

4 Tanda Kamu Memiliki Kondisi Keuangan yang Stabil, Salah Satunya Gak Banyak Hutang!

Fimela.com, Jakarta Bagaimana Sahabat Fimela bisa tahu bahwa dirimu menjalani kehidupan yang stabil secara finansial? Bagaimana dirimu bisa tahu jika dirimu memiliki pekerjaan yang harus dilakukan dalam menciptakan stabilitas keuangan?

Orang-orang memiliki pendapat berbeda tentang apa itu stabilitas keuangan. Namun, dirimu dapat memperhatikan tanda-tanda yang dapat menunjukkan bahwa kamu telah mencapai stabilitas keuangan seperti berikut ini.

Kamu Memiliki Sedikit Atau Tidak Ada Hutang

Kartu kredit dan pinjaman lainnya dapat menempatkan apa yang kamu inginkan dalam jangkauan finansialmu. Tapi pembayaran dapat meregangkan anggaran bulananmu di luar batas yang nyaman. Mengurangi atau menyingkirkan hutang itu dapat membebaskan uang yang kemudian dapat kamu gunakan untuk keadaan darurat, investasi, atau perbaikan rumah.

Kamu Dapat Membayar Pengeluaran Bulanan Hanya dengan Penghasilanmu dan Pasangan

Apakah Sahabat Fimela sudah menikah, dan apakah dirimu dan pasangan sama-sama berpenghasilan? Dirimu berada dalam kondisi keuangan yang sangat baik jika dapat menutupi pengeluaran bulanan tetap seperti tagihan listrik hanya dengan penghasilanmu atau pasanganmu. Pendapatan kedua dapat digunakan untuk tabungan atau pengeluaran tambahan, seperti makan di luar dan liburan.

Membayar Tagihan Tepat Waktu

Kamu berada dalam situasi keuangan yang sehat jika kamu selalu memiliki cukup uang untuk membayar tagihan tepat waktu. Ini juga berarti bahwa kamu tidak akan kehilangan waktu tidur karena keuanganmu. Mengapa? Karena ketika kamu pergi tidur setiap malam, kamu akan tahu bahwa semua tagihanmu telah dibayar dan ada sisa uang untuk pengeluaran bulanan lainnya, dan semuanya baik-baik saja.

Memiliki Dana Darurat yang Memadai

Ketika hidup memberikan kejutan keuangan yang buruk seperti perbaikan mobil atau kehilangan pekerjaan, dana darurat yang cukup sekitar enam bulan pengeluaran atau asuransi dapat membantumu mengatasi krisis. Jika tidak, kamu mungkin akhirnya meminjam untuk menutupi kekuranganmu. Hal ini dapat menjerumuskanmu ke dalam lingkaran hutang dan ketidakamanan finansial, sehingga menyulitkanmu untuk menabung.

Memiliki perencanaan keuangan yang jelas akan membantumu memiliki stabilitas keuangan yang baik. Ini artinya kamu lebih aman secara finansial. Lebih bijak saja ya, dalam mengelola keuanganmu.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading