Sukses

Lifestyle

7 Tips Investasi Buat Kamu dengan Gaji UMR

Fimela.com, Jakarta Gajian sudah tiba. Beberapa di antara Sahabat Fimela sudah berencana untuk menggunakan gaji yang kamu terima untuk berbagai keperluan dan keinginan.

Periode gajian biasanya diikuti oleh diskon dan promo di berbagai platform. Jika tidak mampu mengelola keuangan dengan baik, kamu hanya akan tergoda dengan promo yang ada dan tidak memiliki cadangan uang di akhir bulan.

Selain memenuhi kebutuhan sehari-hari, jangan lupa sisihkan gaji untuk investasi. Banyak orang yang berpikir bahwa investasi terlalu mahal untuk kamu yang memiliki gaji UMR.

Padahal, investasi bisa dimulai dari nominal yang kecil. Sehingga kamu yang memiliki gaji UMR bisa memulai investasi dari sekarang.

 

Tips investasi

“Sebenarnya gaji UMR dan bukan UMR bukan masalah. Investasi itu earlier you do better,” kata Raymond Sutanto Co-Founder Zipmex Indonesia.

Menurutnya, penting untuk memiliki niat berinvestasi sedini mungkin secara bertanggung jawab. Untuk memulai investasi, ada tips yang yang bisa kamu ikuti investasi meski memiliki gaji UMR.

1. Tentukan tujuan

Tentukan tujuanmu terlebih dahulu saat hendak berinvestasi Ini akan menentukan jenis investasi yang akan kamu pilih dan besaran nominal yang akan diinvestasikan. Selain itu, tujuan yang telah kamu tetapkan akan memotivasi kamu dalam berinvestasi.

2. Buat perencanaan

Hitung dengan baik berapa take-home pay kamu, di luar dari upah lembur. Lalu, alokasikan dana tersebut sesuai dengan persentase yang sudah ditentukan.

Setiap orang punya caranya masing-masing tergantung kebutuhannya. Oleh sebab itu, kebutuhan hidup boleh saja memiliki porsi terbesar. Namun, sisanya harus ada yang dialokasikan untuk investasi atau menabung.

 

3. Siapkan, bukan disisihkan

Agar investasi dapat berjalan lancar, kamu harus menyiapkan alokasi dana khusus untuk investasi. Jangan menunggu hingga gaji bulanan tersisa baru berinvestasi. Selain biasanya tidak benar-benar berhasil, kamu justru jadi menunda apa yang sebenarnya bisa dilakukan lebih cepat.

Kam juga harus membiasakan diri untuk disiplin. Jangan mengurangi besaran tabungan atau investasi yang semestinya kamu siapkan. Tetapi, kamu boleh berinvestasi dengan nominal yang lebih besar, hanya apabila memang tengah memiliki uang lebih. Jangan sampai investasi justru mengganggu cash flow.

4. Belajar

Investasi tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Apa pun jenis asetnya, diharapkan kamu memiliki pengetahuan mengenai aset tersebut, baik secara fundamental maupun analisis. Hal ini dibutuhkan agar bisa menentukan strategi investasi yang tepat sesuai dengan tujuan.

Selain itu, dengan memiliki wawasan atau edukasi yang mumpuni, kamu juga jadi lebih matang ketika berinvestasi. Bukan hanya mengerti keuntungan yang akan diterima, tetapi juga risiko yang ada. Investasi jadi dapat dilakukan secara bertanggung jawab. Yang tak kalah penting, kamu jadi tidak mudah tertipu oleh scam yang mengatasnamakan investasi.

5. Cari penghasilan tambahan

Kalau menurut kamu gaji saja tidak cukup, kamu bisa melakukan pekerjaan tambahan untuk memperoleh penghasilan lebih. Misalnya dengan membuka jasa terjemahan, jasa les, menjadi freelance, atau berjualan online. Dengan cara ini, modal investasi juga jadi semakin besar, imbal hasilnya juga bisa jadi semakin menarik.

 

6. Hemat

Menahan godaan untuk tidak belanja tentu sulit. Tetapi, kalau ingin berinvestasi dengan nyaman dan aman, kamu harus mau dan mampu berhemat. Kencangkan ikat pinggang dan jangan sampai goyah.

Kamu bisa membiasakan diri dengan membawa botol minum dan bekal pribadi ketika bepergian. Kamu juga harus mengurangi kebiasaan untuk jajan atau membeli barang-barang yang kurang diperlukan.

7. Pilih investasi yang sesuai

Kamu harus memilih instrumen investasi yang paling sesuai. Bisa memulai investasi dalam bentuk konvensional seperti tabungan, membeli reksa dana atau obligasi, membeli saham, atau yang saat ini tengah populer adalah kripto.

Ya, kripto. Kripto adalah salah satu instrumen yang memiliki imbal hasil investasi yang cukup baik dan dapat diakses dengan mudah. Di Zipmex sendiri, kamu bisa memulai investasi mulai dari Rp100 ribu dan membeli kripto mulai Rp10 ribu

Simak video berikut ini

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Mulai Investasi Sambil Koleksi dengan Emas Edisi Justice League
Artikel Selanjutnya
7 Kesalahan Investasi yang Harus Dihindari Investor Pemula