Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan yang Bikin Uang Habis Begitu Saja

Fimela.com, Jakarta Kebiasaan keuangan yang buruk juga bisa bikin dirimu jadi tidak punya tabungan atau tabungan jebol. Dan ini tidak hanya terjadi pada orang yeng memiliki penghasilan pas-pasan, justru orang dengan gaji tinggi sekali pun punya kecenderungan terjebak dalam kebiasaan keuangan yang buruk ini. Jadi, biar tabungan terus meningkat dan dirimu punya tujuan keuangan yang jelas, berikut kebiasaan keuangan yang buruk yang bikin yang cepat habis.

1. Menghabiskan yang tanpa berpikir panjang

Kemudahan berbelanja online membuat seseorang menghabiskan uang tanpa berpikir panjang. Jika dirimu hanya hidup untuk saat ini, dalam artian memikirkan menghabiskan gaji untuk memenuhi kebutuhan minggu ini atau bulan ini, kebiasaan seperti ini hanya akan membuat pengeluaran semakin boros. Sama seperti tujuan hidup, keuangan juga harus memiliki tujuan yang jelas tak hanya untuk dihabiskan hari ini tapi juga masa depan.

2. Mengambil banyak cicilan

Punya gaji yang cukup terkadang membuat kita tak berpikir panjang untuk mengambil cicilan. Karena kita terjebak dalam konsep bahwa semuanya akan terbayarkan saat penerimaan gaji. Apalagi dengan usia cicilan yang panjang membuat kita berpikir jumlahnya kecil atau ringan untuk dipenuhi. Jika kebiasaan ini terus berlangsung dirimu tak akan pernah punya uang untuk ditabung. Tidak apa untuk menngambil cicilan, tapi pastikan cicilan yang diambil bisa memberi manfaat pada finansial.

3. Hanya menyimpan uang sisa

Jangan menyimpan apa yang tersisa di akhir setiap bulan. Sebaliknya, bayarlah tabunga terlebih dahulu. Ini bukan konsep revolusioner atau glamor, tetapi tidak ada yang akan membantumu mencapai kekayaan sampai dirimu memutuskan untuk memenuhi tabungan sendiri terlebih dahulu. Mulailah dari yang sederhana, dengan memasukkan setidaknya 10% dari pendapatan kotor ke dalam rekening tabungan, kemudian lakukan peningkatan setiap waktu.

4. Kebiasaan makan di luar

Semakin banyak makanan yang bisa disiapkan di rumah, semakin baik anggaran makananmu. Tentu saja, tidak apa-apa untuk memanjakan diri sendiri dan membeli makanan atau segelas kopi sesekali, tetapi jika bertujuan untuk mencapai tujuan keuangan utama, membuat makanan sendiri adalah hal paling sederhana yang dapat dilakukan untuk mennghemat keuanganmu.

5. Peningkatan gaji membuat gaya hidup naik

Mungkin dirimu sering bertanya-tanya, mengapa tabungan tetap stagnan padahal mengalami peningkatan gaji? Kenaikan gaji sering membuat seseorang merasa nyaman dan merasa punya kelebihan uang, sehingga belanja pun jadi lebih sering, pengeluaran semakin bertambah dan kebutuhan sehari-hari semakin meningkat. Padahal ini adalah konsep yang salah, jadi saat ada kenaikan gaji, bukan pengeluaran yang harus ditingkatkan tetapi tabungan dan prioritas yang lebih penting.

Jadi, agar tabunganmu tidak jebol dan memiliki tujuan keuangan yang jelas, usahakan untuk menghindari kebiasaan buruk dalam keuangan seperti di atas, ya, Sahabat Fimela!

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading