Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kehadiranmu Bisa Membuat Orang Lain Lebih Tenang

Fimela.com, Jakarta Tidak sedikit orang yang berbagi cerita padamu. Bahkan sahabat-sahabat dekatmu selalu menjadikanmu orang pertama untuk diajak curhat atau berbagai pengalaman. Tanpa kamu sadari, kamu bisa membuat orang lain merasa lebih tenang saat berada di dekatmu.

Ada beberapa tanda umum yang bisa ditelusuri terkait kehadiranmu yang bisa membuat orang lain merasa lebih nyaman. Bisa jadi hal-hal ini sudah kamu miliki sejak dulu, hanya saja kamu tak menyadari. Yuk, coba cari tahu lebih lanjut lagi supaya kamu bisa menjadikanmu hidupmu lebih bermakna lagi untuk orang-orang tersayang di sekitarmu.

1. Tidak Mudah Menghakimi

Saat ada teman atau sahabat yang baru mengalami masalah dan berbagi cerita padamu, kamu tak langsung menyudutkan atau menghakiminya. Alih-alih, kamu mencoba untuk memberi perhatian penuh padanya. Kamu mencoba untuk memahami situasinya dengan mencoba memposisikan diri sepertinya. Sikapmu yang tidak mudah menghakimi atau menyudutkan ini membuat orang lain merasa lebih tenang sebab mereka tidak merasa terintimadasi tiap kali berada di dekatmu.

2. Pendengar yang Baik

Tak menyela pembicaraan. Kamu selalu berupaya untuk menjadi pendengar yang baik. Apalagi ketika misalnya sahabatmu baru saja mendapatkan pengalaman yang emosional, kamu tak serta merta menyela setiap ucapannya sebab kamu tahu dia sedang butuh waktu untuk menjernihkan pikirannya. Tiap kali kamu menyediakan telingamu untuk orang lain, kamu memberikan waktu yang berharga untuk orang tersebut. Dan hal ini bisa membuat orang lain merasa lebih tenang.

3. Memberi Perhatian Penuh

Kamu tidak sibuk sendiri ketika ada seseorang yang sedang mencurahkan hati dan perasaannya. Saat ada sahabat yang curhat padamu, kamu memberi fokus dan perhatian yang penuh untuknya. Perhatian yang penuh ini pun bisa membuat orang yang ada di dekatmu merasa tenang. Sebab kamu dipercaya menjadi orang yang akan selalu ada untuk mereka.

4. Bersikap Apa Adanya

Maksudnya, sebagai contoh ketika ada temanmu yang mengalami masalah pelik dan kamu belum bisa memberi solusi terbaik, kamu jujur dan berkata apa adanya. Kamu tidak bersikap paling sok tahu apalagi menggurui. Terlebih ketika kamu memang tak punya pengalaman atau pemahaman yang cukup tentang masalah yang dihadapi oleh temanmu itu, maka tak ada salahnya untuk bersikap apa adanya. Sebab justru dengan bersikap apa adanya ini, orang di dekatmu akan merasa lebih tenang.

5. Berpikiran Terbuka 

Bukan berarti kamu memberi pembenaran atas tindakan yang jelas-jelas salah. Hanya saja kamu mencoba untuk berpikiran lebih terbuka jika ada pendapat yang berbeda dari teman atau sahabatmu akan suatu perkara. Namun, jika ada hal yang jelas-jelas salah atau berisiko membahayakan jiwa, perlu sikap tegas juga untuk menguraikannya dengan lebih terbuka.

Kalau ada teman atau sahabat yang kerap menjadikanmu sebagai teman curhat, mungkin karena kamu memiliki lima hal di atas. Semoga kehadiranmu di mana pun bisa menghadirkan perubahan yang positif untuk orang-orang di sekitarmu, ya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading