Sukses

Lifestyle

7 Sikap Sederhana Ini Bisa Membuatmu Mudah Disegani Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Dalam menjalani hidup bermasyarakat, kamu pasti pernah menjumpai seseorang yang dalam kesehariannya begitu disegani oleh orang-orang di sekitarnya. Selalu mendapat perlakuan baik, selalu didengar perkataannya dan mampu mempengaruhi orang-orang disekitarnya.

Tak dapat dipungkiri, tentu semua orang ingin bila keberadaanya disegani dan dihormati orang lain. Namun kenyataanya, menjadi orang yang disegani atau dihormati juga tidak mudah.

Meski demikian, hal ini bisa dilatih. Ada beberapa sikap sederhana yang bisa membuatmu mudah disegani orang lain, penasaran? berikut selengkapnya.

 

1. Mendengarkan orang lain

Sikap sederhana agar kamu bisa disegani orang lain adalah dengan mendengarkan orang lain.

Untuk itu, dengarkan orang lain. Berhentilah berbicara tentang dirimu sepanjang waktu. Dengarkan orang dengan sungguh-sungguh dan coba pahami mereka. 

Gunakan keheningan untuk keuntungan untukmu. Tidak setiap jeda harus diisi dengan kebisingan. Meluangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan sesuatu sebelum kamu membuka mulut hampir selalu akan menimbulkan rasa hormat.

2. Menjadi proaktif tanpa henti

Selalu memiliki inisiatif tanpa menunggu arahan dari orang lain bisa membuatmu mudah disegani orang lain. Gunakan keterampilan dan sumber daya kamu sendiri untuk mulai menyelesaikan sesuatu dan memecahkan masalah. 

Biasakan untuk mencari tahu sendiri. Jangan takut dengan tantangan sesekali.

3. Menepati janji

Meski terdengar sepele, menepati janji menjadi salah satu sikap terpenting untuk mendapatkan rasa hormat.  Dengan menepati janji, maka orang lain akan menganggapmu sebagai orang yang amanah serta bisa dipercaya.

4. Memiliki empati yang tinggi

Empati yang tinggi terhadap sesama akan membuatmu mudah disegani oleh orang lain. Sebab, kemampuan demikian tidak dimiliki oleh kebanyakan orang.

Bisa merasakan kondisi emosional orang lain dan mampu memahami kesulitan mereka, akan membuatmu tergerak untuk mengulurkan bantuan. Sikapmu yang demikian akan membuatmu mudah diterima oleh lingkunganmu.

5. Mampu mengontrol emosi

Tidak semua orang memiliki kemampuan dalam menahan emosinya. Karena banyak yang mengekspresikannya dengan berlebihan. Seperti marah yang diungkapkan dengan kata-kata bernada tinggi, atau kesedihan yang digambarkan dengan tangisan setiap saat.

Hal berlebihan tersebut justru akan membuatmu rugi dan membuat orang lain akan hilang respect kepadamu. Sehingga kontrol emosimu dengan baik dan ekspresikan dengan sewajarnya, ya.

6. Tidak meremehkan kemampuan diri sendiri

Pikirkan terakhir kali seseorang memuji kamu atas pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Bagaimana tanggapanmu? Jika kamu seperti kebanyakan orang "Oh well, itu benar-benar bukan masalah besar."

Meskipun menerima pujian bisa sedikit tidak nyaman. Namun, bagaimana kamu bisa mengharapkan orang lain menghormati kamu jika kamu sendiri tidak menghargai diri sendiri?

Alih-alih mengabaikan kesuksesanmu seolah-olah tidak ada yang perlu diperhatikan, cobalah membalas dengan pernyataan sederhana seperti "Terima kasih banyak. Saya bekerja sangat keras untuk itu!" Menerima pujian dengan anggun dan tenang tampak seperti detail kecil, tetapi itu pasti akan meningkatkan reputasi professional kamu.

7. Belajarlah untuk mengatakan “Tidak”

Jangan merasa bersalah karena mengatakan tidak sesekali. Jangan khawatir tentang peluang yang terlewatkan juga. Kamu tidak perlu menyetujui semua yang diminta seseorang dari kamu, terutama jika itu adalah atasan atau klien. 

Terkadang, kamu lebih dihormati dengan mengatakan tidak, daripada setuju untuk melakukan sesuatu. Ketika kamu mengatakan tidak, maka kamu menunjukkan bahwa kamu menghargai waktumu, dan tidak memiliki waktu banyak untuk semuanya.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading